Saturday, August 15, 2020

Ta'aruf

Lagi musim niy couple goals artezzz dg ta'arufan... Jd pengen crita 13th yg lalu dakupun merasakan ta'arufan itu seru, penuh berkah dan amazing di waktu yg tepat... uuhuuuyyy...

Ceritaaaa aaahhhh... 

Bagi keluarga dan teman2 di dunia pekerjaan atau teman2 sekolah-kuliah q, ta'aruf saat itu masih sesuatu yg asing dan langka. Tapi klo buat anak2 tarbiyah ta'aruf adalah sesuatu yg biasa banget dan sudah lazim. 

Setelah berulang kali di tolak ikh1 saat tukeran biodata (xixixi buka aib), krn di biodata q selalu muncul info klo aq pengidap ACA yg akan susah punya anak dan emg blm jodohnya...  Dan wajar jg siy ikh1 menolak krn ada haditsnya...

Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu  berkata, “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk menikah dan melarang keras untuk membujang dan berkata, “Nikahilah wanita yang sangat penyayang dan yang mudah beranak banyak(subur) karena aku akan berbangga dengan kalian dihadapan para nabi pada hari kiamat" (HR Ibnu Hibban 9/338)

Krn tau ttg hadits itu jd aq gak pernah ilfeel trus sakit hati krn sering ditolak krn "Allah gak menilai hasil dari ikhtiar/usaha yg qt jalani tp Allah menilai prosesnya". Jadi stp ta'arufan dinikmati sangat dg penuh syukur dan ke-GR-an krn kyk dpt hiburan aja... Stp proses ada cerita seru yg beda2 dan stlh gagal dg ikh1 yg satu muncul biodata ikh1 yg laen wkwkwk... Masyaallah kan...

Lanjut proses ta'arufan dg Abu Syifaa...

Proses ta'aruf itu biasanya gak boleh hanya berduaan aja tp  harus ada perantaranya, pendamping or makcomblang (MC) yg hrs hanif. Kenapa hrs hanif? Krn MC yg hanif akan berusaha memilihkan qt calon yg hanif dan dg cara yg hanif sesuai yg disyariatkan dalam Islam. Minimal MC yg hanif ini akan paham ttg agama dan calon yg sekufu buat qt.

MC q adalah "L" ikh1 yg q kenal saat berorganisasi di MIFTA. L tiba2 YM aq (qadarulullah, gak bole bilang tiba2 jg siy 😊)

L: "mbak siap nikah kan?" 

Me: "ya siaplah wong umur q  udh 34 😜"

L: "kriteria calon suami yg mb yokka inginkan?"

Me: "sholat dan gak ngerokok" (saat itu udh gak brani lg kasih kriteria yg muluk2 😅)

L: "ada temen q siap nikah niy mbak, mau ta'aruf gak? Sholatnya selalu on-time dan ikut jamaah-an, malah lbh ontime dr aq dan gak ngerokok.

Ya bgitulah kira2 awalnya... 

Kemudian melalui  L kami pun tukeran biodata. Sebelumnya tanpa sepengetahuan q,  L memberitahu abi utk baca blog ku ini.  Iya blog ini... Ada salah satu cerita + foto saat ketemu Kang Abik penulis novel ayat2 cinta,  yg kata Abi udah bikin Abi yakin aq akan jd istrinya... Cieeehhh pdhl ta'arufan@nya baru mulai bangets inih... 💕💕💕

Setelah tukeran biodata abi dan L dtg ke rumah q buat saling melihat (nadzar) calon suami/istri. Nadzar ini disyariatkan dalam islam agar tidak ada istilah menyesal di belakang hari atau spt beli kucing dlm karung dan sesuai hadits ini:

"Apabila seseorang di antara kalian ingin meminang seorang wanita, jika dia bisa melihat apa-apa yang dapat mendorongnya untuk menikahinya maka lakukanlah!” (HR. Ahmad 3/334, Abu Dawud  2082 dan dihasankan al-Albani).

"Lihat dulu calon istrimu, karena itu akan lebih bisa membuat kalian saling mencintai.: (Ahmad 18154, Turmudzi 1110 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Setelah nadzar, proses selanjutnya biasanya akan ada jeda buat meyakinkan diri dg istikharah sambil mencari informasi ttg calon istri/suami dari orang2 terdekat (keluarga dan sahabat2). Selama proses ini qt gak boleh japrian dg calon qt ya... Jadinya klo qt mau tanya sesuatu ttg calon qt, ya nanyanya lewat MC juga. Karena islam melarang laki-laki dan perempuan berdua-duaan tanpa ada pihak ketiga. Selain itu, dengan adanya pendamping juga akan meminimalisir terjadinya fitnah di masyarakat sekitar.

Untuk tahu informasi ttg abi,  saat itu aq yg inisiatif memberikan contoh duluan. Gercep soale emg proses ta'aruf ini gak bole klamaan. Spy cepet ketauan mau or enggak, jangan mau yg enggak2 😊. Aq  meminta testimoni dari sahabat2 terdekat dan adik q melalui e-mail. Setelah semua testimoni terkumpul, aq email ke "L" utk meneruskan email tsb ke abi. Setelah itu aq bilang ke L agar abi pun melakukan hal yg sama, meminta testimoni ttg dirinya dari org2 terdekatnya. 

Disaat2 ini tu seru bingits krn qt rasanya byk dukungan dari org2 terdekat dan jd smile2 baca testimoni dari sohib2 tercinta ttg diri sendiri... Loppp u pull n Jazaakunallah khoir pokoke buat semua timses yg dulu mensukseskan proses inih... Disini sohib2 yg ksh testimoni jg hrs jujur gmn keseharian qt... Gak bole ksh testimoni yg baik2nya aja,  tp hrs jujur jg mengungkapkan kekurangan qt. 

Senyum2 jg pas baca testimoni dari teman2 abi. Krn sifat abi n sifat q tu bykkkk benerrr perbedaannya. Saat itu Aq jg di telpon lgs ama mbak Sulis Kakak kandungnya abi, yg ingin kenal aq dan menanyakan ttg sakit q, maklum beliau org medis... Deg2an tp seru krn ternyata mbak Sulis orgnya rame kyk aq n ramah. 

Setelah dua minggu berlalu... L YM lagi... Dan bilang abi mo ke rumah minta ijin ke pp mm q utk khitbah... MasyaAllah... Alhamdulillah lgs jingkrak2 😌 eh bersyukur bgt akhire proses ini sampe sejauh ini. 

Pertemuan q yg ke-2 dg abi adl saat abi didampingi L, dtg ke rumah minta ijin pp mm q buat khitbah, minta waktu dari pp mm agar bs dtg bersama keluarganya.  Alhamdulillah walo baru pertama kali ktemu Abi,  kyknya pp mm q lgs kasih restu. Biasanya pp q agak ruet klo kesan pertama ketemu beliau udah gak "sreg".

Pertemuan ke-3 dg abi adl saat khitbah. Ke-2 ortu Abi dan bbrp keluarga besar abi dr Malang dtg. Khitbah ini jg dihadiri keluarga besar dan sahabat2 terdekat q... Alhamdulillah abis khitbah rasanya makin nano2 krn abis ini hrs mikirin walimatul ursy... Tapi tambah yakin InsyaAllah kalo memang sudah waktunya semua urusan akan dimudahkan Allah... 

Makasehhh ya buat semua yg udah baca tulisan q ❤💚💜(GR kek ada yg baca aja 😝)

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home