Friday, April 20, 2018

Hadits Arbain Ke-42

Allah Mengampuni Semua Dosa Orang yg Tidak Berbuat Syirik

Ust. Ahmad Susilo

Dari Anas Radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Allah Ta’ala berfirman: “Wahai anak Adam, sesungguhnya Engkau berdoa kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka akan aku ampuni engkau, Aku tidak peduli (berapapun banyaknya dan besarnya dosamu). Wahai anak Adam seandainya dosa-dosamu (sebanyak) awan di langit kemudian engkau minta ampun kepada-Ku niscaya akan Aku ampuni engkau. Wahai anak Adam sesungguhnya jika engkau datang kepadaku dengan kesalahan sepenuh bumi kemudian engkau menemuiku dengan tidak menyekutukan Aku sedikitpun maka akan Aku temui engkau dengan sepenuh itu pula ampunan “
(Riwayat Turmuzi dan dia berkata : haditsnya hasan shahih).

Hadits:
Brgsiapa yg membaca surat Al Ikhlas, memahami dan mengamalkannya spt membaca 1/3 Al Quran

Keutamaan surat Al Ikhlas:
Bulughul Maram: 1588
Dari Buraidah. ia berkata: Nabi saw dengar seorang berdoa : Hai Tuhan, sesungguhnya aku minta kpdMu dgn (wasilah) bhw aku mengakui bahwasanya Engkaulah Allah, tdk ada Tuhan melainkan Engkau yg Tunggal yg sekalian berhajat kpdNya, yg tdk beranak dan diperanakan dan tdk ada bandingan bagiNya. Maka Rasulullah saw bersabda: sesungguhnya ia tlh neminta kpd Allah dg namaNya yg apabila diminta dgnya, IA beri dan apabila dipanggil IA menjwb.

Bulughul Maram: 1497
Dari Abi Hurairah. Ia berkata: Telah bersabda Rasulullah saw.: "celaka penyembah dinar dan dirham dan qathifah (kain beludru), jk diberi, ia ridha dan jk tdk diberi ia tdk ridha (HR Bukhari)

Hadits:
Dari Muaz bertanya kpd rasulullah Hak Allah kpd hamba adl menyembah Allah dan tdk boleh menyekutukannya Lalu apa hak hamba kpd Allah, rasul mjwb hak hamba kpd Allah adl Allah tdk akan mengazab mrk selama hamba itu tdk menyekutukan Allah

QS Al-Kahf:110 - Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

🍂Selama hdp didunia hamba tdk punya hak apa2 kpd Allah, tetapi jk hamba itu tlh memenuhi kewajibannya dg tdk meyekutukan Allah mk Allah tdk akan mengazab di neraka
🍂Yg bs memandang Allah hanya penduduk surga, yaitu mrk yg didunia beribadah,beramal sholeh dan tdk menyekutukan Allah

QS Fāţir:15 - Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.
==> Allah tdk butuh qt tp qt yg selalu butuh Allah

QS Fāţir:16 - Jika Dia menghendaki, niscaya Dia memusnahkan kamu dan mendatangkan makhluk yang baru (untuk menggantikan kamu).

QS Fāţir:17 - Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sulit bagi Allah.

QS An-Naĥl:31 - (yaitu) surga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa,
==> jk ingin masuk surga manusia hrs bertakwa dan jgn menyekutukan Allah.

QS Hud:114 - Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang
* catatan dr kajian Mesjid Al Marjan, 13042018
selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home