Thursday, March 22, 2018

Maafkanlah... Engkau akan Bahagia

Ust. Musyaffa Ad Dariny

Allah selalu memberi qt taufik, hidayah n apa yg qt butuhkan. Semoga qt selalu menjadi org yg selalu bersyukur.

Memaafkan itu sangat mulia, dan sangat qt butuhkan krn:
1. Qt diciptakn oleh Allah sbg manusia, shg qt tdk luput dr kesalahan. Krn qt tak luput dr kesalahan mk qt hrs punya sifat memaafkan dari qt n utk org lain.
2. Sbg manusia qt dicipt sbg makhluk sosial, qt tdk mungkin hdp sendiri tp hdp dg manusia2 yg lain, krnnya qt hrs slg memahami dan saling memaafkan krn kesalahan org lain.
3. Qt adl org2 yg berusaha menerapkan sunnah Rasulullah saw krnnya kemungkinan utk didzolimi, disakiti semakin besar, sbgmn ujian Rasulullah saw.

Krn alasan2 tsb qt sgt membutuhkan sifat pemaaf.

Sifat pemaaf mendatangkan mashlahat bagi yg menjlnkannya krn dg memaafkan:
1. Hidup qt akan bahagia, krn mengobati hati yg sakit yg plg mungkin adl dg memaafkan kesalahan orang lain. Org yg enggan memaafkan adl org yg enggan mengobati hatinya. Maafkanlah krn Allah swt
Kebahagiaan memaafkan ini puncaknya saat di surga spt dlm surat:
🍃Al-Ĥijr:45 - Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir).
🍃Al-Ĥijr:46 - (Dikatakan kepada mereka): "Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera lagi aman"
🍃Al-Ĥijr:47 - Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan.

2. Dengan sifat pemaaf qt akan dicintai Allah swt spt dlm FirmaNya
QS Al-Mā'idah:13 - (Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merubah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.

Dg memaafkan qt akan selalu diperhatikan dan dicintai Allah. Krn memaafkan membutuhkan kesabaran yg tinggi, dan Allah swt bersama org2 yg sabar

3. Org yg mudah memaafkan akan sgt mulia di sisi Allah swt. Rasulullah pernah ditanya seorg sahabat dlm hadits 4216
"Siapakah org yg plg afdol ya rasulullah?" Rasulullah menjawab "org yg bersih hatinya dan selalu berkata jujur" Bagaimanakah org yg bersih itu yi org yg bersih dr dosa dan bersih dr keburukan tdk ada keinginan utk berbuat dosa, dst...

4. Dg memafkan Allah swt akan memaafkan qt, sesuai firmanNya:
QS An-Nūr:22 - Dan janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka (tidak) akan memberi (bantuan) kepada kaum kerabat(nya), orang-orang yang miskin dan orang-orang yang berhijrah pada jalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan dan berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin bahwa Allah mengampunimu? Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

Tidak ada satu pun musibah (cobaan) yang menimpa seorang muslim berupa duri atau yang semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahannya." (HR. Muslim)

Diantara musibah tsb adl ktika org lain menyakiti qt. Tp jk qt sabar menghadapinya Allah akan memberikan ampunan kpd qt.

QS Az-Zumar:10 - Sesungguhnya, hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

5. Memaafkan org lain adl ibadah yg pahalanya sgt besar sekali, sampai allah menyembunyikan kadarnya, dlm FirmanNya: QS Ash-Shūraá:40 - Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.

Allah menyembunyikan kadar pahala memaafkn krn besarnya pahala yg Allah berikan, spt Allah menyembunyikan kadar pahala puasa.

Sgt rugi org yg tidak mau memaafkan kesalahan org krn hatinya tdk akan bahagia dan tdk mendpt pahala dari Allah

6. Sifat memaafkan akan memasukan qt ke surga Allah swt, spt dlm firmanNya:
QS 'Āli `Imrān:133 - Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa,

QS 'Āli `Imrān:134 - (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Orang yg bs menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan org akan mjd ahli surga.

Contoh kisah2 sifat pemaaf:
- Hadits abdullah ibn amr ibn as,
- kisah Nabi Ibrahim: sifat pemaaf nabi Ibrahim kpd ayahnya
- kisah nabi Yusuf dg kedzaliman saudara kandungnya.
- dari Aisyah ra: "Rasulullah tdk pernah membalas kedzaliman org lain apabila ke dzoliman tsb dimaksudkn kpd dirinya, tetapi Rasulullah membalas jk kedzaliman tsb adl merendahkan syariat Allah."

Usaha yg bs qt lakukan agar qt bs menjadi pemaaf:
1. Ingatlah keutamaan2 dr sifat memaafkan
2. Ingatlah bwh keuntungan (maslahat) yg qt dpt dr sifat memaafkn lbh besar drpd keuntungan (maslahat) yg yg didptkan org lain yg menerima maaf qt.
Maslahat dunia n akhirat bs di dpt dr sifat memaafkn.
3. Ingatlah bhw kesalahan yg dilakukan orang lain kpd qt adl kehendak Allah swt, kalo Allah tdk berkehendak mk kesalahan itu tdk akan tjd.

🌾Tdk mungkin Allah menimpakan musibah kpd qt krn Allah menghendaki keburukan tetapi dibalik musibah tsb Allah menghendaki kebaikan bagi qt🌾

4. Ingatlah dg memaafkan kesalahan org lain qt sudah dpt mengalahkan hawa nafsu qt dan mengalahkan tipu daya syetan.

"Sesungguhnya hawa nafsu itu akan selalu menginginkan keburukan bagi qt"

Catatan penting dr memaafkan:<

🌿Memaafkan bukan berarti tdk menghukum Memaafkan di hati tp ttp memberikan hukuman
Contoh: - jk anak melakukan kesalahan, mk ortu hrs memaafkan kesalahannya tp ttp memberikan hukuman atas perbuatan buruknya.
🌿 memaafkan bukan berarti hrs mendekat lg, krn seorg muslim hrs cerdas jgn sampai jatuh ke lubang yg sama 2x. Jd jk bertemu org yg tabiatnya buruk qt dekati, qt nasehati, tp jk tabiatnya tdk beruabah n tdk ada tekad dia utk merubah tabiat jeleknya mk sebaiknya qt jauhi.
🌿Ketika qt memaafkan org lain qt tdk hrs merelakan hutang yg orang lain lakukan


* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang
* catatan dr kajian Masjid Baitul Jabbaar, JBE, Kamis, 21032018 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home