Wednesday, March 07, 2018

Hadits Arbain No.37

Niat Berbuat Baik Mendapat Pahala

Ust. Ahmad Susilo

Dari Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, beliau meriwayatkan dari Tuhannya, Tabaaraka wa ta’aala. Firman-Nya : “Sesungguhnya Allah telah menetapkan nilai kebaikan dan kejahatan, kemudian Dia menjelaskannya. Maka barangsiapa berniat mengerjakan kebaikan tetapi tidak dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu kebaikan yang sempurna. Jika ia berniat untuk berbuat kebaikan lalu ia mengerjakannya, Allah mencatatnya sebagai 10 sampai 700 kali kebaikan atau lebih banyak lagi. Jika ia berniat melakukan kejahatan, tetapi ia tidak mengerjakannya, Allah mencatatkan padanya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia berniat melakukan kejahatan lalu dikerjakannya, Allah mencatatnya sebagai satu kejahatan”.
(HR. Bukhari no. 6491 dan Muslim no. 131 dalam Kitab Shahihnya dengan lafazh ini)

QS Al-Baqarah:245 - Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
==> Maha luas karunia Allah

Allah melipatgandakan pahala atas kebaikan yg dilakukan Qs Al-Baqarah):261 - Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Bulughul Maram 1512
Dari Mahmud bin Labil. Ia berkata: tlh bersabda Rasulullah saw. "sesungguhnya sesuatu yg plg aku takuti atas umat q ialah syirik yg kecil (yaitu) riya' (HR Ahmad)

🍃Yg mau dibalas kebaikan dg pahala berlipat harus ikhlas gak bole riya🍃

Manusia (Al-'Insān):5 - Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur,

Manusia (Al-'Insān):6 - (yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.

Manusia (Al-'Insān):7 - Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana.

Manusia (Al-'Insān):8 - Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.

Manusia (Al-'Insān):9 - Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.

Ayat2 ttg bagaimana Allah melipatgandakan kebaikan:

🌷Besi (Al-Ĥadīd):11 - Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat-gandakan (balasan) pinjaman itu untuknya, dan dia akan memperoleh pahala yang banyak.

🌷Pencipta (Fāţir):29 - Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,

🌷Pencipta (Fāţir):30 - agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.

🌷Hari dinampakkan kesalahan-kesalahan (At-Taghābun):17 - Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipat gandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun.

Niat jahat tdk tercatat sbg dosa jk tdk dijalankan.

Bulughul Maram 1468
Dari Nauwas bin Sam'an. Ia berkata: "saya bertanya kpd Rasulullah saw ttg kebaikan dan kejahatan. Maka sabdanya: "Kebaikan itu ialah perangai yg baik, dan kejahatan itu ialah sesuatu yg beredar dihakimi dan engkau tdk suka diketahui oleh manusia" (HR Muslim)

Akhlaq terbaik stlh Rasulullah: sahabat ra (ra=Allah meridhoinya)

Allah ridho dg para sahabat ada di ayat:
QS At-Tawbah:100 - Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.
==> gelar rodhiyallahu anhu dari Allah

Qt jg bs mendptkan ridho Allah dg berusaha sebaik2nya, ada di ayat:

🌿Al-Bayyinah:7 - Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.

🌿QS Al-Bayyinah:8 - Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga 'Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

Bedakan niat, dzon(prasangka) dan azzam (penilaian)

QS Al-'A`rāf:156 - Dan tetapkanlah untuk kami kebajikan di dunia ini dan di akhirat; sesungguhnya kami kembali (bertaubat) kepada Engkau. Allah berfirman: "Siksa-Ku akan Kutimpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku untuk orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami".
==> lebih luas rahmat Allah dibanding azabNya

QS Al-'A`rāf:157 - (Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk dan membuang dari mereka beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Maka orang-orang yang beriman kepadanya. memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al Quran), mereka itulah orang-orang yang beruntung.
==> cara2 mendptkan rahmat Allah

QS Al-Baqarah:195 - Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.
==> contoh menjatuhkan diri dlm kebinasaan adl merokok

QS Al-Ĥadīd:28 - Hai orang-orang yang beriman (kepada para rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memberikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan Dia mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang dan mubazir
* catatan dr taklim Al Marjan, Jumat 10112017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home