Wednesday, March 07, 2018

Hadits Arbain No 39

Berbuat Dosa Karena Dipaksa Terampuni

Ust. Ahmad Susilo

Dari Ibnu Abbas radiallahuanhuma : Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : “Sesungguhnya Allah ta’ala memafkan umatku karena aku (disebabkan beberapa hal) : Kesalahan, lupa dan segala sesuatu yang dipaksa“

(Hadits hasan diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Baihaqi dan lainnya)

Dosa2 yg dimaafkan Allah:

1. Org yg berbuat dosa krn kesalahan2 kecil yg tdk disengaja contoh: melihat bukan mahram, komentar, dzon dlm hati yg tdk tercetus di mulut, mengucapkan sesuatu yg gak singkron dg apa yg di dlm hati, dll

Dosa2 kecil yg dimaafkan dg sholat, berdoa, istighfar dan berbuat baik ==>
QS Hud:114 - Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Jika berbuat dosa besar hanya dimaafkan dg istighfar dan taubat ==>
QS Hud:3 - dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.

Stp perbuatan qt sekecil apapun ada catatannya disisi Allah==>
QS Al-Qamar:52 - Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan QS Al-Qamar:53 - Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.

Orang2 yg meremehkan dosa2 kecil ==>
QS Al-Kahf:49 - Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".

2. Org yg berbuat dosa krn lupa
Bulughul Maram : 1120
Dari Aisyah, dari Nabi saw sabdanya: "diangkat qalam dari 3 org: dari org yg tidur hingga ia sadar dan dari anak kecil hingga besar, dan dari org gila hingga ia sembuh. (HR Ahmad)

Bulughul Maram:688
Dari Abi hurairah, Ia berkata: telah bersabda Rasulullah saw: barang siapa lupa, pdhl ia shaum, lalu ia makan atau minum, maka hendaklah ia sempurnakan shaumnya krn tdk lain melainkan Allah memeberi dia makan dan minum

Bulughul Maram :689
Dan bagi Hakim: barang siapa berbuka di dlm ramadhan dg lupa, maka tdk ada qadla atasnya, tetapi brgsiapa sengaja muntah, maka wajib atasnya qadla

3. Org yg berbuat dosa krn dipaksa
Contoh: sahabat Bilal, org2 yg dlm hatinya ttp dlm keimanan walopun dimulutnya dlm kekafiran

QS An-Naĥl:106 - Barangsiapa yang kafir kepada Allah sesudah dia beriman (dia mendapat kemurkaan Allah), kecuali orang yang dipaksa kafir padahal hatinya tetap tenang dalam beriman (dia tidak berdosa), akan tetapi orang yang melapangkan dadanya untuk kekafiran, maka kemurkaan Allah menimpanya dan baginya azab yang besar.

QS Al-Baqarah:286 - Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".
==>contoh doa utk menghapus dosa2 kecil

QS: Al-'Aĥzāb:5 - Panggilah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu. Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
==> jk anak angkat dinamakan bin bpk angkatnya hanya utk urusan administrasi tdk apa2, ttp tetap memberitahu anak angkatnya siapa mahramnya

Wanita (An-Nisā'):92 - Dan tidak layak bagi seorang mukmin membunuh seorang mukmin (yang lain), kecuali karena tersalah (tidak sengaja), dan barangsiapa membunuh seorang mukmin karena tersalah (hendaklah) ia memerdekakan seorang hamba sahaya yang beriman serta membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh itu), kecuali jika mereka (keluarga terbunuh) bersedekah. Jika ia (si terbunuh) dari kaum (kafir) yang ada perjanjian (damai) antara mereka dengan kamu, maka (hendaklah si pembunuh) membayar diat yang diserahkan kepada keluarganya (si terbunuh) serta memerdekakan hamba sahaya yang beriman. Barangsiapa yang tidak memperolehnya, maka hendaklah ia (si pembunuh) berpuasa dua bulan berturut-turut untuk penerimaan taubat dari pada Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.
==> Allah memaafkan org yg membunuh tdk dg sengaja (terpaksa/krn kelalaian) dg syarat: memerdekaan budak dan membayar diyat kpd keluarga yg terbunuh

Wanita (An-Nisā'):93 - Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.

Dosa terpaksa krn darurat yg dimaafkan contoh: makan makanan haram krn tdk ada makanan lain.

QS Al-Mā'idah:3 - Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

QS Al-'An`ām:145 - Katakanlah: "Tiadalah aku peroleh dalam wahyu yang diwahyukan kepadaku, sesuatu yang diharamkan bagi orang yang hendak memakannya, kecuali kalau makanan itu bangkai, atau darah yang mengalir atau daging babi -- karena sesungguhnya semua itu kotor -- atau binatang yang disembelih atas nama selain Allah. Barangsiapa yang dalam keadaan terpaksa, sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka sesungguhnya Tuhanmu Maha Pengampun lagi Maha Penyayang".

* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang dan mubazir
* catatan dr taklim Al Marjan, Jumat 07032018

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home