Friday, March 09, 2018

Hadist Arbain No. 41

Menundukkan Hawa Nafsu
Ust. Ahmad Susilo

Dari Abu Muhammad Abdillah bin Amr bin ‘Ash radhiallahuanhuma dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : “Tidak beriman salah seorang di antara kalian hingga hawa nafsunya mengikuti apa yang aku bawa “ Hadits hasan shahih dan kami riwayatkan dari kitab Al Hujjah dengan sanad yang shahih.

Hawa nafsu sesuatu yg diinginkan seorg hamba yg berhubungan dg dunia, jk hawa nafsu itu ditundukan kpd mencari ridho Allah namanya jd nafsun mutmainah

Nafsu ada 3:
1. Mutmainah: nafsu terbaik
QS Al-Fajr:27 - Hai jiwa yang tenang.

2. Lawamah: nafsu yg suka menyesali diri, nafsu pertengahan. Hanya berlaku didunia msh, bs diperbaiki dan menyesal utk tdk mengulangi
QS Al-Qiyāmah:1 - Aku bersumpah demi hari kiamat,
QS Al-Qiyāmah:2 - dan aku bersumpah dengan jiwa yang amat menyesali (dirinya sendiri).
QS Al-Ĥāqqah:27 - Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu.

3. Amaratun bisu: senantiasa mengajak pd kejahatan dan dosa2. QS Yūsuf:53 - Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.

Penyesalan yg tdk mungkin bisa di koreksi tdpt pd:
🍃QS Al Fajr: 21-26

🍃QS Al-Ĥāqqah:27 - Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu.

🍃QS Al-Kahf:49 - Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".

Sabda Rasulullah saw.:
"tidaklah sempurna iman salah seorg di antara kalian hingga hawa nafsunya mengikuti apa yg aku bawa"

QS An-Nisā':64 - Dan Kami tidak mengutus seseorang rasul melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

QS An-Nisā':65 - Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.
==> dalam urusan agama/syariat hrs sesuai Al Quran dan sunnah

QS Al-'Aĥzāb:36 - Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya maka sungguhlah dia telah sesat, sesat yang nyata.

Khiar= hak utk memilih
Wamay ya'shi=Durhaka= org yg bermaksiat melanggar larangan Allah

QS Al-Jāthiyah:18 - Kemudian Kami jadikan kamu berada di atas suatu syariat (peraturan) dari urusan (agama itu), maka ikutilah syariat itu dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu orang-orang yang tidak mengetahui.

QS Al-Jāthiyah:23 - Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?
==> jk Allah sdh menutup pendengaran n hati, mk tdk ada seorg pun yg bs memberikan petunjuk

QS Al-Furqān:43 - Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,

QS An-Nisā':80 - Barangsiapa yang mentaati Rasul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barangsiapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka Kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka.
==> Rasul tdk dpt melindungi qt jika qt tdk mentaati Rasul

Doa yg dibaca meminta perlindungan kpd Allah utk mendpt akhlaq yg baik tdpt pd Bulughul Maram: 1525
Allahumma janniibii munkarootil akhlaqi wal'amaali walahwaai wal adwaai
"Ya Allah, jauhkanlah drpdku yg jelek dari akhlaq dan amal2 dan kemauan2 dan penyakit2" (HR Tirmidzi)

Ada 11 sumpah Allah dlm penciptaan nafsu dlm QS Ash-Shams:1-10

Balasan bagi yg mengikuti hawa nafsu==>
QS An-Nāzi`āt:39 - maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya).

Contoh org yg mengikuti hawa nafsu ==>
QS Aş-Şaf:6 - Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)". Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata".
==> Ahmad artinya sifat nama org yg baik/terpuji.

Muhammad artinya org yg selalu terpuji. Yg memberi nama Muhammad itu Allah.

QS Al-Fatĥ:29 - Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud. Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mukmin). Allah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.

QS Al-'Aĥzāb:40 - Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Beberapa Faedah Hadits:
1. Kdg2 iman itu dpt hilang dari org yg lalai dlm mengerjakan kewajibannya, sbgmn sabda beliau:"tdklah sempurna iman salah seorg diantara kalian hingga hawa nafsunua mengikuti apa yg aku bawa". Hal ini hrs didasarkan kpd ajaran syariat. Seseorg tdk blh menafikan keimanan seseorg hanya krn dia melihatnya berbuat maksiat, kecuali ada dalil syar'i yg menetapkannya.

2. Wajibnya tunduk kpd syariat yg dibawa Nabi saw

3. Stp org wajib menjauhi hawa nafsunya yg menyelisihi syariat Allah

4. Iman itu dpt bertambah dan dpt berkurang sbgmn pdpt yg dipegang madzab ahlussunnah wal jama'ah.


* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami * di save n share spy gak ilang * catatan dr kajian Mesjid Al Marjan, 09032018 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home