Saturday, October 14, 2017

Keutamaan Berdzikir

Ust. Ahmad Susilo

Beberapa ayat dlm Al Quran yg berhubungan dengan dzikir:

🍃QS Ar-Rūm:14 - Dan pada hari terjadinya kiamat, di hari itu mereka (manusia) bergolong-golongan.

🍃QS Ar-Rūm:15 - Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, maka mereka di dalam taman (surga) bergembira.
==> golongan pertama yg masuk surga

🍃QS Ar-Rūm:16 - Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami (Al Quran) serta (mendustakan) menemui hari akhirat, maka mereka tetap berada di dalam siksaan (neraka).
==> golongan berikutnya yg masuk neraka

🍃QS Ar-Rūm:17 - Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh,

🍃QS Al-'Aĥzāb:41 - Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.
==> perintah Allah utk org beriman

🍃QS Al-'Aĥzāb:42 - Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.

🍃QS Al-'Aĥzāb:43 - Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.

🍃QS Al-'Aĥzāb:44 - Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah: Salam; dan Dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka.

==> Allah Sangat menyukai orang yg berdzikir menyebut namanya. Allah sgt penyayang bagi orang2 yg suka memujiNya. Nanti diakhirat Allah akan memberi Salam kpd orang2 di dlm surga

Bulughul Maram:1566
Dari Abu Hurairoh. Ia berkata : telah bersabda rasulullah saw : "Allah Ta'ala berfirman: Aku berserta hamba-Ku selama Ia sebut-Ku dan bergerak 2 bibirnya pada (menyebut) - Ku" (HR Ibnu Ma'jah dan dishahkan-dia oleh Ibnu Hiban & Bukhari)

Bulughul Maram : 1567
Dari Mu'adz bin Jabal. Ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw : "tdk beramal anak Adam satu amal yang sangat menyelamatkan Dia drpd adzab Allah spt menyebut Allah"

Konsekwensi berdzikir:
harus mensucikan diri dan merasa diri ini kotor krn Allah yg mensucikan kita, spt dlm QS :
QS An-Nūr:21 - Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Khoto= Langkah2 setan
Khoto'un= byk salah
Khotoyaya= kesalahan2
Khutua =selalu salah
Setan itu selalu salah gak pernah benar, jd kalo qt selalu berbuat salah qt mengikuti langkah2 setan

Bulughul Maram : 1505
Dari Anas. Ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw, tiap2 anak Adam itu berbuat banyak kesalahan, tetapi sebaik2 orang yg berbuat byk kesalahan itu, ialah orang2 yg byk bertaubat." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Jika qt gak taubat dan berdzikir maka Allah tdk akan mensucikan kita

Dzikir yg bisa mengampuni dosa2 tanpa memohon maaf:
- allahumma an-tas-salamu...
- Subhanallah 33x
- Alhamdulillah 33x
- Allahu Akbar 33x
- La Illa ha ilallah

Bulughul Maram: 342
Dari Tsauban, Ia berkata : adalah rasulullah saw apabila berpaling dari sholat, is istighfar 3x (astaghfirullah tanpa ditambah2) Dan is ucap allahumma an-tas-salamu...... " yg artinya : Hai Tugas! Engkaulah yg sejahtera, dan drpd -Mulah (dtg) kesejahteraan, Mahamulia Engkau (hai Tuhan) Yang mempunyai kemegahan Dan kemuliaan (HR Muslim)

Bulughul Maram: 343 Dari Abi Hurairoh, dari rasulullah saw Ia bersabda: "Barangsiapa mengucap Subhanallah dibelakang tiap2 sholat 33x, Dan mengucap Alhamdulillah 33x,

Bulughul Maram : 1596
Dan dikeluarkan oleh Bukhari & Muslim Dari Abi Hurairoh. Ia berkata : telah bersabda Rasulullah saw :"ada dua kalimat yg tercinta kpd Rahman, ringan buat lisan, berat buat di mizan : Subhanallah wa bihamdih, Subhanallahil 'azhim".

QS Al-'Aĥzāb:34 - Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha Lembut lagi Maha Mengetahui.

Adab berdzikir:
- merendahkan diri dan rasa takut
- tidak mengeraskan suara
- kapanpun dimanapun dlm keadaam apapun
QS Al-'A`rāf:205 - Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.

QS Al-Jumu`ah:10 - Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.
==> Jika qt memuji Allah qt lah yg beruntung

QS Al-'Insān:26 - Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.

Orang bertakwa itu ciri2nya disebutkan dlm QS :
QS 'Āli `Imrān:17 - (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.

Balasan bagi orang yg bertakwa :
🍃QS Adh-Dhāriyāt:15 - Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air,

🍃QS Adh-Dhāriyāt:16 - sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan.

Orang yg sempurna itu ada dlm QS Al Furqon : 64-72

🍃QS Al-Furqān:64 - Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.
🍃QS Al-Furqān:65 - Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal".
🍃QS Al-Furqān:66 - Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.
🍃QS Al-Furqān:67 - Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.
🍃QS Al-Furqān:68 - Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya),
🍃QS Al-Furqān:69 - (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina,
🍃QS Al-Furqān:70 - kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
🍃QS Al-Furqān:71 - Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.
🍃QS Al-Furqān:72 - Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.


* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami * di save n share spy gak ilang dan mubazir * catatan dr taklim Mesjid Al Marjan, 13102017 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home