Tuesday, October 10, 2017

Kedekatan Hamba Kepada Rabb-Nya

Ust Sulaeman Zachawerus

Thn ke 4H Rasulullah umrah dari Medinah ke Mekkah berjln kaki Selama 16hari. Sesampai di mekkah rasulullah melihat byk digantung patung2. Rasulullah tawaf hanya mengusap hajar aswad tanpa mengusap patung2. Kemudian saat hendak tawaf ke-2 ditanya musyrikin quraisy "Knp tdk mengusap berhala2 itu tanpa menyembah, agar terlihat toleransi kamu dg kami". Dan rasulullah hampir mengusap jg, krn rasulullah hanya manusia.

QS Al-Kahf:110 - Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya". --> Bukti Rasulullah jg manusia

QS Al-Wāqi`ah:35 - Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari) dengan langsung --> Bukti bidadari tdk dilahirkan.

Kemudian Allah menurunkan surat :
QS Al-'Isrā':73 - Dan sesungguhnya mereka hampir memalingkan kamu dari apa yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar kamu membuat yang lain secara bohong terhadap Kami; dan kalau sudah begitu tentu|ah mereka mengambil kamu jadi sahabat yang setia.
==> kaum kafir akan terus mengecoh Muslim utk memutarbalikan kebenaran agar qt futur

QS Al-'Isrā':74 - Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka,
==> Allah yg menguatkan hati (keteguhan pendirian) hamba2nya

QS Al-'Isrā':75 - kalau terjadi demikian, benar-benarlah Kami akan rasakan kepadamu (siksaan) berlipat ganda di dunia ini dan begitu (pula siksaan) berlipat ganda sesudah mati, dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun terhadap Kami.
==> Allah tdk mengampuni dosa syirik

QS 'Āli `Imrān:77 - Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih.

Janji manusia kpd Allah:
1. Janji syahadah:
- syahadah roh
QS Al-'A`rāf:172 - Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
- syahadah fitrah (ketika dewasa)

2. Janji ibadah

QS Al-Fātiĥah:5 - Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

3. Janji keiklasan

Agar mempunyai keteguhan hati baca:
QS An-Naĥl:90 - Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.

QS An-Naĥl:91 - Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah(mu) itu, sesudah meneguhkannya, sedang kamu telah menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpahmu itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat.

QS An-Naĥl:92 - Dan janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali, kamu menjadikan sumpah (perjanjian)mu sebagai alat penipu di antaramu, disebabkan adanya satu golongan yang lebih banyak jumlahnya dari golongan yang lain. Sesungguhnya Allah hanya menguji kamu dengan hal itu. Dan sesungguhnya di hari kiamat akan dijelaskan-Nya kepadamu apa yang dahulu kamu perselisihkan itu.
==> perumpamaan jika Qt melonggar/futur

3 sabar:
1. Sabar dlm ketaatan
2. Sabar dlm menjauhi maksiat
3. Sabar dlm menerima taqdir Allah



* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang
* catatan dr taklim Mesjid Al Marjan, Jumat, 06102017
selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home