Sunday, September 24, 2017

Hadits Arbain No. 36

Membantu Kesulitan Sesama Muslim
Ust Ahmad Susilo

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya. Siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke syurga. Sebuah kaum yang berkumpul di salah satu rumah Allah membaca kitab-kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk disisi-Nya. Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya. (Riwayat Muslim)

QS Al-'An`ām:160 - Barangsiapa membawa amal yang baik, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).
Ktika Allah menyebut -->hitungan 1,10, dst itu bukan sesuatu yg pasti menurut Allah krn kuantitas tdk sama dg kualitas, spt Ayat dibawah ini👇

QS Al-Baqarah:245 - Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

QS Hud:113 - Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolongpun selain daripada Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan.

🍬Saat membantu orang jgn berharap didunia tdk akan mengalami kesulitan (contoh rasulullah selalu mengalami kesulitan), tp hrs yakin kesulitan dunia hanya azab Allah utk menghilangkan azab qt di akhirat.

QS Hud:114 - Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Bulughul Maram 1535
Dari anas Ia berkata: telah bersabda rasulullah saw :kebahagiaan bagi org yg cacatnya melalaikan Dia drpd (memperhatikan) cacat2 manusia (HR Bukhari)

Dalam Hadits ke-36 ini tdpt dalil anjuran mencari ilmu.

Tujuan menuntut ilmu:
- mendalami
- memahami


Hukum menuntut ilmu:
1) Fardhu kifayah bagi org yg mendalami utk menyampaikan ilmu ke umat (Da'i) sesuai ayat Di bwh ini:
QS At-Tawbah:122 - Tidak sepatutnya bagi mukminin itu pergi semuanya (ke medan perang). Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringatan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya.
2) Fardhu 'ain bagi orang yg belajar agama utk memahami saja tanpa ada kewajiban menyampaikan kpd orang lain ==> khusus awamer utk konsumsi diri dan keluarga, sesuai ayat dibawah ini:
QS Al-Mujādila:11 - Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
==> "berdiri" maksudnya kalo qt dpt Ilmunya maka amalkan.

QS Az-Zumar:23 - Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang , gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun.
==> Allah menjamin stp pembaca n yg mempelajari Al Quran hatinya akan tenang dan Allah akan curahkan Rahmat... Masyaallah

Doa malaikat bagi penuntut ilmu:
QS Ghāfir:7 - (Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala,

QS Ghāfir:8 - ya Tuhan kami, dan masukkanlah mereka ke dalam surga 'Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka dan orang-orang yang saleh di antara bapak-bapak mereka, dan isteri-isteri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,

Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya
==> Nasab tdk ada guna disisi Allah, tp amal qt akan diperhatikan Allah

QS Saba':37 - Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan (pula) anak-anak kamu yang mendekatkan kamu kepada Kami sedikitpun; tetapi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal (saleh, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda disebabkan apa yang telah mereka kerjakan; dan mereka aman sentosa di tempat-tempat yang tinggi (dalam surga).

* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang dan mubazir
* catatan dr kajian Mesjid Al Marjan, 22 Sept 2017
selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home