Sunday, September 24, 2017

Hadits Arbain No. 35

Larangan Saling Mendengki
Ust. Ahmad Susilo

Rasulullah saw bersabda, jgnlah kalian saling mendengki, saling berbuat curang, saling membenci, saling menjauhi dan jgnlah sebagian diabtara kalian mwnjual atau membeli brg yg dijual atau dibeli sebagian yg lain. Jdlah kalian hamba2 allah yg bersaudara. Org muslim adl saudara bagi  muslim  yg  lain. Ia  tdk boleh menzalimi, menekantarkan/membiarkan,mendustai,dan merendahkan/menghinanya

🍃Jgn saling membenci/hasad:

Hasad ada 3 macam:
1. Hasad yg haram,
contoh: dengki sampai  menjauhi saudaranya/memutus silaturahim

2. Hasad yg mubah
Contoh: dengki sekedar  ucapan  tdk sampai   memutus tali  silaturahim

3. Hasad yg  halal
Contoh: iri dg  amal  ibadah org  lain yg  lebih  baik  dr  qt
(Hasad  dlm  ketaatan  beragama)

🍃Saling berbuat curang,Najasy ==> Memuji  brg  dagangan  spy  laku,  menawar  brg  dg  hrg  tinggi spy  org  lain  merasa tdk  mahal, lalu  beli.
Bulughul Maram: 824,
"dan drpdnya Ia Berkata: rasulullah saw,  larang  jualan najasy"
Tmsk jual  beli ini adl jual beli riba

QS Al-'An`ām:112 - Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.
==> stp  manusia  ada 2 musuhnya: syetan dr gol  manusia dan jin
Syetan  manusia c: membuat  yg  haram  terlihat  bagus spt  bunga  bank
Rijwah=suap menyuap

QS Al-'An`ām:113 - Dan (juga) agar hati kecil orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat cenderung kepada bisikan itu, mereka merasa senang kepadanya dan supaya mereka mengerjakan apa yang mereka (syaitan) kerjakan.==> sasaran musuh2 adl  org2 yg  condong kpd dunia

QS Al-Baqarah:278 - Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman.

QS Al-Baqarah:279 - Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba), maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba), maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak (pula) dianiaya.

🍃Jangan  saling membenci
Bulughul Maram: 1507 dikeluarkan oleh Abu  Dawud
"telah  bersabda  rasulullah saw: hendaklah kamu  berjauh  diri dari  dengki krn dengki itu  memakan  kebajikn2 sbgmn  api memakan kayu"

🍃Jangan saling berpaling muka
"tdk halal bagi seorg Muslim menjauhi saudaranya yg muslim lebih dari 3hari, keduanya bertemu lalu
 yg ini berpaling  Dan yg lain jg berpaling,sdg yg paling baik  diantara ke-2nya adl yg memulai mengucapkan salam"

Bulughul Maram: 1524 dikeluarkan oleh Muslim
"dan drpdnya, Ia berkata: Telah  bersabda rasulullah saw : jgnlah kamu berdengki2an dan jgnlah kamu lakukan  najasy dan jgnlah kamu berbenci2an dan jgnlah kamu berpaling2an muka dan jgnlah sebagian dari kamu menjual  atas jualan sebagian dan jdlah,  hai hamba2 Allah, bersaudara: Muslim itu saudara bagi muslim, tdk  boleh ia  aniaya dia,  dan tdk  boleh  mengecewakan dia dan  tdk  blh menghinakan dia, taqwa itu disini!" dan ia isyarat dadanya 3x ~ cukup kejahatan seseorang bila ia menghina saudaranya yg Muslim, tiap2 Muslim thdp  Muslim haram  darahnya  dan hartanya dan kehormatannya ~

🍃jangan saling menggibah
Bulughul Maram: 1523 dikeluarkan oleh Muslim
Dari  Abi Hurairah, bhwsanya Nabi saw. Tlh bersabda: "apakah kamu tahu apa (dia) umpat itu? "mrk (sahabat2 nabi) jwb: "Allah dan rasul-Nya lebih tau". Sabdanya: "engkau menyebut saudaramu dg sesuatu yg ia tdk suka". Ada orang bertanya. Bgmn jk ada pd saudara saya apa yg saya ktkan? Sabdanya: "jk ada pdnya yg engkau katakan, mk sesungguhnya engkau tlh umpat - dia dan jk tdk ada pdnya,  mk sesungguhnya engkau tlh bikin dusta atasnya".

Ghibah= membicarakan keburukan saudaramu saat dia tdk ada dan jk tau dia tdk  suka
Daripd ghibah lebih baik diam
Bulughul Maram: 1506
Dari Anas. Ia berkata: telah bersabda rasulullah saw. : "diam itu satu kebijaksanaan tetapi sedikit org yg berbuatnya".
dikeluarkan - dia Oleh Baihaqi di (kitab) "asy-su'ab ( kitab syu'abul iman), dg sanad yg lemah, dan dia sahahkan - dia bhwsanya ia itu mauqu'f dari perkataan Luqmanul - Hakim.

Contoh utk kasus Myanmar :
QS Al-'Aĥqāf:35 - Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. Pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.

Sapi Betina (Al-Baqarah):161 - Sesungguhnya orang-orang kafir dan mereka mati dalam keadaan kafir, mereka itu mendapat laknat Allah, para Malaikat dan manusia seluruhnya.
==> qt tdk perlu mendoakan org kafir dg laknat krn Allah otomatis melaknat mrk

QS An-Nisā':29 - Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

QS Al-Baqarah:188 - Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui.
==> hakim tugasnya berbuat adil bukan membela yg bayar.


* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang
* catatan dr kajian Mesjid Al Marjan, 08 Sept 2017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home