Sunday, September 24, 2017

Hadits Arbain No. 34

Kewajiban Memberantas Kemungkaran
Ust. Ahmad Susilo

Dari Abu Sa'id Al Kudri saw,  ia berkata, "barangsiapa di antara kalian melihat kemungkaran,  hendaknya ia mengubahnya dg tangannya.  Apabila tdk mampu,  hendaknya ia mengubahnya dg lisannya. Apabila tdk mampu,  hendaknya mengubahnya dg hatinya dan itu adl selemah2nya iman" (HR Muslim)

Cara merubah kemungkaran ada 3:
1. Dengan kekuatan/kekuasaan
2. Dengan ilmu
Berlandaskan Al Quran
3. Dengan doa
Hati mengingkari perbuatan buruk, tp mendoakannya dg qolbi

Doa keburukan itu haram buat sesama muslim.

Tugas Nabi Muhammad :
QS Al-'Aĥzāb:45 - Hai Nabi, sesungguhnya Kami mengutusmu untuk jadi "saksi, dan pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan"

Tujuan tugas Nabi:
QS Al-'Aĥzāb:46 - dan untuk jadi penyeru kepada Agama Allah dengan izin-Nya dan untuk jadi cahaya yang menerangi.

Tugas qt di dunia:
- mengajak berbuat baik
- memperingati orang utk tdk berbuat kesalahan

Ada 7 gol yg akan dinaungi Allah disaat Allah tdk menangui :
1. Pemimpin yg adil
- Berubahnya kemungkaran jk lgs di perintah pemimpin
- Bulughul maram 1517:
Jika pemimpin menipu rakyatnya Allah akan haramkan surga baginya
- QS Al-Mā'idah:2 - ..... Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
QS Al-'An`ām:19 - Katakanlah: "Siapakah yang lebih kuat persaksiannya?" Katakanlah: "Allah". Dia menjadi saksi antara aku dan kamu. Dan Al Quran ini diwahyukan kepadaku supaya dengan dia aku memberi peringatan kepadamu dan kepada orang-orang yang sampai Al-Quran (kepadanya). Apakah sesungguhnya kamu mengakui bahwa ada tuhan-tuhan lain di samping Allah?" Katakanlah: "Aku tidak mengakui". Katakanlah: "Sesungguhnya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan (dengan Allah)".

Nabi bertugas memberi peringatan
QS Al-'A`lá:9 - oleh sebab itu berikanlah peringatan karena peringatan itu bermanfaat,

2. 2 org yg mencintai krn allah
3. Pemuda yg terpaut di mesjid
4. Laki2 yg diajak berzina tp takut kpd allah
5. Orang yg berdzikir di malam hari,  sendirian dan menangis
6.seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta
7.seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.”

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allâh dalam naungan-Nya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: (1) Imam yang adil, (2) seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allâh, (3) seorang yang hatinya bergantung ke masjid, (4) dua orang yang saling mencintai di jalan Allâh, keduanya berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik, lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allâh.’ Dan (6) seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta (7) seseorang yang berdzikir kepada Allâh dalam keadaan sepi lalu ia meneteskan air matanya.”
Hadits ini shahih, diriwayatkan oleh:
1. Al-Bukhari (no. 660, 1423, 6479, 6806),
2. Muslim (no. 1031 (91)),

Setiap muslim wajib terus memberi peringatan ==>
QS Adh-Dhāriyāt:55 - Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.

Agama itu nasihat, nasihat utk siapa:
- allah,  rasul,  pemimpin muslim, kitab,  sesama manusia

Bulughul Maram: 1560
Dari Tamimid - dari. Ia berkata: telah bersabda rasulullah saw. : "agama itu ialah ikhlash" 3x. Kami bertanya : kpd siapa dia ya Rasulullah? Ia bersabda: kpd Allah dan kpd kitabnya dan kpd rasul-Nya dan kpd ketua-tua muslimin dan kpd org2 ramainya".
Dikeluarkan - dia oleh Muslim
Nasihat utk Allah maksudnya:
Ketika qt memberi nasehat kpd orang lain semata2 krn Allah qt mendpt balasan dari Allah

Rasul mendpt nasihat lgs dr para sahabat
QS. 'Āli `Imrān:159 - Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Nasehati diri sendiri dulu krn Allah kemudian menyeru kpd manusia sesuai al Quran n sunnah,  kemudian bersabarlah ==>
QS Luqman:17 - Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

Jika yg dinasehati membangkang, tdk membalas keburukan  dg keburukan ==>
QS Al-Furqān:72 - Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.

QS Al-Furqān:63 - Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.

Ciri2 org yg imannya benar:
Org yg byk berdoa kpd Allah
QS Al-Furqān:64 - Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.

QS Al-Furqān:67 - Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.

QS Al-'Isrā':27 - Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

QS Al-'A`rāf:31 - Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan

QS Al-Muzzammil:10 - Dan bersabarlah terhadap apa yang mereka ucapkan dan jauhilah mereka dengan cara yang baik.

* jika ada kesalahan dlm mencatat mohon dimaafkan krn ada keterbatas mendengar dan memahami
* di save n share spy gak ilang
* catatan dr kajian Mesjid Al Marjan, 25082017 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home