Friday, May 12, 2017

Lanjutan Hadits Arbain No. 29

Sholat Lail Menghapuskan Dosa
Ust.  Ahmad Susilo

"Maukah engkau Aku tunjukkan pintu2 kebaikan? Puasa sbg perisai, sedekah dpt menghapuskan kesalahan sbgmn air dpt memadamkan api, Dan sholat yg dikerjakan pd waktu malam."

QS As-Sajdah:15 - Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.
==> org imannya benar yg apabila mendengar ayat Allah bergetar hatinya, bersujud,  memuji tuhannya dan tdk sombong 

QS As-Sajdah:16 - Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.
==> Cirinya org yg tdk sombong:
- menjaga sholat malam
- berdoa kpd rabnya dg penuh rasa takut n harap
- menginfakkan sebagian hartanya

QS As-Sajdah:17 - Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.
==> balasan surga bagi org2 yg tdk sombong spt ciri2 diatas👆

QS Al-'Insān:24 - Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antar mereka.
==> sabar dg ketetapan, sabar melaksanakan perintahnya,  sabar menjauhi larangannya

QS Al-'Insān:25 - Dan sebutlah nama Tuhanmu pada (waktu) pagi dan petang.
==> tunduk pd aturan Allah

QS Al-'Insān:26 - Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.
==> perintah sholat di akhir malam spy termasuk gol yg disbtkan dlm  QS Al-Furqan:63-65

QS Al-Furqān:63 - Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.

QS Al-Furqān:64 - Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.

QS Al-Furqān:65 - Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal".
==> doa ciri org  yg imannya benar: minta dijauhkan dr azab  neraka jahanam bukan minta dunia.

Ciri orang yg imannya benar  disebutkan dlm QS Ali-Imran:15-17
QS 'Āli `Imrān:15 - Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.

QS 'Āli `Imrān:16 - (Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,"
==> mintalah akhirat yg lbh byk bukan minta urusan akhirat 

QS 'Āli `Imrān:17 - (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur.

Balasan bagi orang yg bertaqwa ==> QS Adh-Dhāriyāt:15 - Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air,

Kenapa org2 bertaqwa bisa mendapat surga ==> QS Adh-Dhariyat: 16-17

QS Adh-Dhāriyāt:16 - sambil menerima segala pemberian Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan.

QS Adh-Dhāriyāt:17 - Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam.
📝 jaga qiyamul lail n witir❗️

Bulughul Maram:1503
Telah bersabda rasulullah saw :setengah drpd kebagusan iman seorang hamba adl seseorang yg menjauhi hal2 yg tidak bermanfaat kpdnya
📝Jauhi group2 sosmed yg byk tertawa❗️

Bulughul Maram 679:
"Telah bersabda rasulullah saw: bersahurkah kamu sesungguhnya didlm sahur ada barakah"

Bulughul Maram 1559: telah bersabda Rasulullah saw 
"hai manusia sebarkanlah salam dan hubungilah keluarga2 dan berilah makan dan sholatlah pd malam ketika manusia tidur,  niscaya kamu masuk surga dg sejahtera"

Bulughul Maram 394-396: ttg keutamaan witir 
- Witir itu keharusan bukan kewajiban mutlak,  boleh 5,3 atau 1 rakaat
- waktu witir antara sholat isya n terbit fajar
- witir itu haq,  maka brgsiapa tdk witir,  bukanlah ia dari kami

Dalam hadits Mu’adz disebutkan,
“Pokok perkara adalah Islam, tiangnya adalah shalat, dan puncak perkaranya adalah jihad” (HR. Tirmidzi no. 2616. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan). 
Yang namanya tiang suatu bangunan jika ambruk, maka ambruk pula bangunan tersebut. Sama halnya pula dengan bangunan Islam.

Islam itu tiangnya sholat ==> QS Al-Muddaththir 40-44

QS Al-Muddaththir:40 - berada di dalam surga, mereka tanya menanya,

Gambaran neraka saqar ==> QS Al Muddaththir 26-30
QS Al-Muddaththir:26 - Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar.
QS Al-Muddaththir:27 - Tahukah kamu apakah (neraka) Saqar itu?
QS Al-Muddaththir:28 - Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkan.
QS Al-Muddaththir:29 - (Neraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia.
QS Al-Muddaththir:30 - Dan di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).

...Puncaknya adalah jihad dijalan Allah ==> QS Al Haj:78

QS Al-Ĥaj:78 - Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Orang yg tdk bersungguh2 dlm berislam akan menganggap semua ketentuan Allah itu susah (sholat susah,  belajar ngaji susah, bangun malam susah, shaum susah dll) 

Bulughul Maram 1568
Dari rasulullah saw :"tdk duduk satu gol disatu majelis yg mrk disebut  Allah pdnya,  melainkan dikelilingi mrk oleh malaikat dan dicuri mrk dg rahmat dan allah menyebut mrk di dlm daftar org2 yg hampir kpdnya"

Kemudian beliau bertanya: "maukah engkau kuberitahu ttg kunci dr semua perkara ini? "
Saya menjwab: "mau,  wahai rasulullah."
Kemudian beliau memegang lidah beliau dan bersabda,  "jagalah ini"
Saya bertanya, "wahai rasulullah, apakah qt akan disiksa krn ucapan kita?"
Beliau bersabda,  "semoga ibumu kehilangan kamu!" Bukankah yg membuat wajah mrk - atau beliau bersabda: hidung mrk - disungkurkan ke dlm api neraka hanyalah buah dr ucapan lisan  mrk (yg jelek)?"
(HR  At-Tirmidzi) 

Dari semua penjelasan hadits no. 29 diatas ujungnya pentingnya menjaga lisan.

Diriwayatkan oleh Bukhari dalam kitab Shahihnya hadits no.10 dari Abdullah bin Umar Radhiyallahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 
“Seorang muslim adalah seseorang yang orang muslim lainnya selamat dari ganguan lisan dan tangannya”

Al Marjan, Jumat, 12052017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home