Friday, April 07, 2017

Salimul Aqidah

Ust. Suleiman Zachawerus

Rasulullah sebelum kajian selalu membaca 4 ayat dibwh ini (ulama menyebutnya Wasiah Taqwa) :
1) QS 'Āli `Imrān:102
-->Jangan mati dlm keadaan Islam,  jk longgar dlm beragama Islam brarti sdg bermaksiat.
QS 'Āli `Imrān:102 - Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

Saat rasulullah Haji beliau mengucapkan kata perpisahan:
"Sungguh aq tdk tau apakah akan bertemu kembali ditempati ini...."
Rasulullah jg ziarah kubur ke pemakaman Uhud, dan berdoa dg menangis dengan berderai, kemudian sahabat bertanya, "knp engkau menangis?". Rasulullah  mjwb "aq merindukan sahabat2 q", bukankah kami sahabatmu wahai rasulullah? ", "saya merindukan saudara2 q yg mrk beriman tetapi tdk mengenal q"

📝Pantaskah qt menjadi sahabat yg dirindukan rasulullah?

📝Jgn melonggar dlm islam krn cerminan aqidah qt

📝Aqidah yg utuh itu tdk rapuh tp kokoh

2) QS An-Nisā':1
-->Merasakan pengawasan lgs dr Allah krn Allah Maha dekat, Maha melihat dan Maha mendengar.

QS An-Nisā':1 - Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

Hadits Rasulullah :
"Kami terbiasa (diajari rasulullah) jk jln mendaki kami membaca allahu Akbar,  jk jln menurun kami membaca subhanallah"

QS Ghāfir:60 - Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Termasuk Sombong dlm berdoa:bersuara keras dlm berdoa

QS Al-'A`rāf:55 - Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

QS Al-'A`rāf:205 - Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang
 yang lalai.

QS Al-Baqarah:186 - Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.

3) Ekspresi salimah itu tercermin dari tutur kata yg baik, benar,  santun dan tdk kecentilan

QS Al-'Aĥzāb:32 - Hai isteri-isteri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik,

Golongan-Golongan yang bersekutu (Al-'Aĥzāb):70 - Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar,

4) QS Al-'Aĥzāb:71 - niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

Ibadah itu :
Niat ikhlas mencari ridho Allah

Ibadah terbagi 2:
1. Ibadah khas (ritual lgs tertuju ke Allah) -->vertical
Punya 2 aspek:
- aspek amali (bgmn mengamalkannya)
- Aspek nilai:
Contoh aspek Amalia wudhu dimulai dg bismillah diakhiri dg membaca doa,  sempurnakan wudhu dg benar maka akan terbuka pintu surga. Aspek nilainya dg membasuh tangan diharapkan tangan ini tdk melakukan perbuatan2 dosa, berkumur diharapkan berguguran dosa dr mulut qt dan diharapkan  dg berwudhu qt bersih lahir bathin sblm bertemu Allah

QS Al-`Ankabūt:45 - Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
📝Jika qt masih keji n mungkar berarti sholat qt belum benar

2. Ibadah muamalat: ibadah dg berinteraksi dg manusia dg manusia, man dg alam, Man dg hewan -->horizontal

📝Jika sudah melakukan ibadah jgn menyebut2 tetapi byk berdoa kpd Allah, krn Allah yg menggerakkan Qt bisa melakukan ibadah2 tsb.
QS Al-Baqarah:200 - Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah dengan menyebut Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berdzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang bendoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia", dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat.

5 ghibah yg dibolehkan dlm rangka:
1. Menjaga agama,
2. Menjaga kehormatan,
3. Menjaga harta,
4. Menjaga akal,
5. Menjaga keturunan

Al Marjan, 07042017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home