Saturday, April 29, 2017

Persiapan Menyambut Ramadhan

Ust.  M. Nuzul Dzikri

Allah ta’ala berfirman,
“Dan jika mereka mau berangkat, tentulah mereka menyiapkan persiapan untuk keberangkatan itu, tetapi Allah tidak menyukai keberangkatan mereka, maka Allah melemahkan keinginan mereka. dan dikatakan kepada mereka: “Tinggallah kamu bersama orang-orang yang tinggal itu.” (QS At Taubah: 46).
==>harus ada persiapan! dalam ayat di atas mereka dihukum dengan berbagai bentuk kelemahan dan kehinaan disebabkan keengganan mereka untuk melakukan persiapan.

Dari Rasulullah saw:
"Celaka seseorang yg memasuki bln Ramadhan,  Dan menjalani Ramadhan tetapi sampai terakhir Ramadhan dosa2nya belum diampuni."
(HR Muslim)

Rasulullah memvonis dg bhs "celaka bagi seseorang" merupakan peringatan tegas dr rasulullah. Krn pd saat Ramadhan pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup sbg kiasan Allah menutup pintu2 maksiat agar manusia bs memaksimalkan ibadah2

Apa yg hrs Qt lakukan dlm menyambut Ramadhan:
1. Pastikan ilmu qt ttg Ramadhan kumplit sblm masuk Ramadhan, 
Contoh: bgmn hukum2 ttg puasa, Saur, berbuka, amalan2 yg hrs dimaksimalkan dll

QS Al-'Isrā':36 - Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

2. Hari2 terakhir ini gunakan utk pemanasan. Beribadah itu ibarat berlomba2 dlm kebajikan.
QS. Al-Baqarah:48 - Dan jagalah dirimu dari (azab) hari (kiamat, yang pada hari itu) seseorang tidak dapat membela orang lain, walau sedikitpun; dan (begitu pula) tidak diterima syafa'at dan tebusan dari padanya, dan tidaklah mereka akan ditolong.
==>ibarat atlet olimpiade jk qt tdk ada pemanasan tdk akan berhasil
Or jika qt bukan ahli Quran latihan n perbanyak baca Quran krn ktika Ramadhan qt tdk akan sukses baca 1juz sehari tanpa pemanasan sebelumnya. 

3. Hari2 ini perbanyak istighfar dan taubat. Utk membersihkan hati Dan pikiran

QS An Nuur: 31 - "Bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, Hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”

QS. Al-Muţaffifīn:14 - Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya apa yang selalu mereka usahakan itu menutupi hati mereka.

4. Doa dan tawaqal kpd Allah, jgn melangkah ke Ramadhan dg merasa diri hebat, kuat dll 
Stp org yg hanya mengandalkan ilmunya akan gagal. 

QS Aţ-Ţalāq:3 - Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. 
==> Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.
Qt tdk akan bs menjalankan ibadah tanpa mengandalkan Allah. Krn hanya Allah yg memampukan qt utk menaksimalkan Ramadhan. Gak ada yg tau umur qt sampaikah ke Ramadhan 
Minta kpd Allah agar umur qt sampai ke Ramadhan, minta agar sehat, minta agar khusyuk n jauh dari maksiat dll. 
Ibadah itu taufiq n hidayah Allah mk mintalah hanya kpd Allah.

QS At-Tawbah:5 - Apabila sudah habis bulan-bulan Haram itu, maka bunuhlah orang-orang musyrikin itu dimana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah ditempat pengintaian. Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi maha Penyayang.
==>jgn ujub dg amalan yg sudah qt lakukan 

5. Buat target utk amalan2 terbaik. Krn kalo gak ada target cenderung menunda dan menggampangkan. 

Rodjatv, 30042017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home