Saturday, April 01, 2017

Hikmah diBalik Musibah

Ust. Syaiful Efendi

Manusia tidak bs terlepas dari Qudrat n iradah Allah, salah satunya musibah.

Musibah: sesuatu yg tdk enak kita terima.

Penyebab musibah:
1. Merupakan ketetapan Allah yg sdh terencana sebelum penciptaan alam semesta
QS Al-Ĥadīd:22 - Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

2. Musibah krn perbuatan kita sendiri
QS Ash-Shūraá:30 - Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).
Contoh: pembabatan hutan, buang sampah sembarangan, pola makan yg salah yg menyebabkan sakit
QS Al-'A`rāf:31 - Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

3. Akibat perbuatan/kedzoliman seseorang, orang lain yg kena imbasnya.
QS Al-'Anfāl:25 - Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.
--> penekanan  pd kata "wattaquu" = peliharalah apa2 yg Allah perintahkan, jagalah apa yg Allah larang

Dari ketiga penyebab diatas yg hrs qt hidupkan dalam diri qt adl 💦berbaik sangka💦 kpd Allah.

Setiap manusia diberikan Su'ur (perasaan) berupa:
- takut (khouf)
- harap (Roja')

Manusia bisa bertahan dari takut n harap secara berimbang dg banyak berdoa dan bersedekah :
QS As-Sajdah:16 - Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezeki yang Kami berikan.

Siapa mereka dlm ayat 16:
QS As-Sajdah:15 - Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.

Dakwah rasulullah berlaku utk semua manusia, dg membawa berita gembira dan sbg peringatan
QS Saba':28 - Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.

Janji Allah jika qt selalu mengingat Allah:
1. Allah selalu mengingat qt jk qt selalu mengingat Allah
QS Al-Baqarah:152 - Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,
أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى
“Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih). Hadits ini mengajarkan bagaimana seorang muslim harus huznuzhon pada Allah dan memiliki sikap roja‘ (harap) pada-Nya.

2. Allah akan memberikan ketenangan n ketentraman dlm hatinya
🍃QS Ar-Ra`d:28 - (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

🍃QS Al-Fatĥ:4 - Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada). Dan kepunyaan Allah-lah tentara langit dan bumi dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana,

Ancaman bagi yg enggan mengingat Allah:
1. Allah akan menyempitkan hatinya
QS Ţāhā:124 - Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".

2. Menjadi buta pd hari kiamat Dan dilupakan Allah
🍃QS Ţāhā:125 - Berkatalah ia: "Ya Tuhanku, mengapa Engkau menghimpunkan aku dalam keadaan buta, padahal aku dahulunya adalah seorang yang melihat?"

🍃QS Ţāhā:126 - Allah berfirman: "Demikianlah, telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, maka kamu melupakannya, dan begitu (pula) pada hari ini kamupun dilupakan".

3. Setan akan menjadi teman baiknya
QS Az-Zukhruf:36 - Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Quran), kami adakan baginya syaitan (yang menyesatkan) maka syaitan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.
==> seseorang akan sesuai dg teman dekatnya.

QS Az-Zukhruf:37 - Dan sesungguhnya syaitan-syaitan itu benar-benar menghalangi mereka dari jalan yang benar dan mereka menyangka bahwa mereka mendapat petunjuk.
Contoh: menunda2 sholat akhirnya dipengaruhi setan hingga tdk sholat

Yg menyebabkan orang berpaling dari mengingat Allah :
1. Harta
2. Anak

QS Al-Munāfiqūn:9 - Hai orang-orang beriman, janganlah hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah. Barangsiapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang merugi.

Ingatlah Allah sebanyak2nya
QS Al-'Aĥzāb:41 - Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.

Seutama2 mengingat Allah adalah di saat sholat.
QS. Thaaha: 14.“Maka beribadahlah kepada-Ku dan dirikanlah shalat untuk mengingat-Ku.”

Jgn menyerupai orang yg melupakan Allah apalagi mjd org yg lupa kpd Allah
QS Al-Ĥashr:19 - Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.

Pentingnya fokus utk tunduk dan patuh dlm mengingat Allah
QS Al-Ĥadīd:16 - Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik.

Bagaimana cara istiqomah dlm mengingat Allah:
1. Banyak mengingat mati
2. Berdoa kpd Allah mohon ketetapan hati Dan ketaatan “Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik” artinya "Wahai Zat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu"
(HR. Tirmidzi, Ahmad, Hakim, dishahihkan oleh Adz Dzahabi, lihat pula Shohihul Jami’)

Masjid Al Ikhlas, 01042017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home