Monday, April 17, 2017

Bersama Keluarga Masuk Surga

Ust. Syafiq Riza Basalamah

Mukadimah:
🌿Beramalah sbg bagian bentuk2 mensyukuri nikmat Allah.

🌿"Bagaimana kami dpt bersyukur kpdMu pdhl rasa syukur itu berasal dr Mu?"
--> dari sahabat

🌿Rasulullah saw pernah berkata
"Al Quran bs mjd pendukung dan mjd bala di hari akhir"

🌿Yg mjdkan cinta dan kasih sayang itu hanya Allah.

Rasulullah :
"Wahai kaum Muda, brgsiapa mampu maka menikahlah. Sesungguhnya menikah itu menolongmu dari maksiat dan menjaga kehormatan dirinya".

3 golongan yg dijamin Allah:
1. Budak yg ingin membebaskan dirinya
2. Pemuda yg mjg kehormatan dirinya
3. Org yg berjihad dijln Allah

Perempuan dinikahi karena 4 hal:
- kecantikan,
- harta,
- silsilah keluarga
- agamanya.
Dalam hadits disebutkan bahwasanya kriteria kecantikan, harta dan keluarga disebutkan sebelum agamanya.  Maksudnya adalah untuk menyimpulkan bahwa kriteria dunia itu sebenarnya bisa ditutupi oleh satu kriteria utama yakni agamanya.

Bermodal agama yang baik itu, ia akan menjadi istri yang sholehah. Siap dalam berbagai kondisi rumah tangga. Ia akan mencetak generasi terbaik. Ia juga akan menjadi pendamping yang setia. Ia juga akan menjadi penyejuk mata.

Memilih suami, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Jika datang kpd kalian org yg kalian ridhai agama dan anaknya maka nikahkanlah dia. Jika kalian tidak melakukannya niscaya terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan besar." (HR. Tirmidzi)

3 harta yg paling berharga:
- Hati yg pandai bersyukur
- lisan yg banyak berdzikir
- istri yg membantu urusan akhirat Qt

Wanita2 itu pakaian buat kalian dan kalian pakaian buat mrk. Krn diibaratkn dg pakaian jd hrs pas gak boleh kebesarn or kesempitan. Spy pas cari ilmunya n mendekat ke Allah.

Prinsip yg  membuat langgeng hubungan dlm rumah tangga:
- sama2 saling membutuhkan
- saling melengkapi

Kajian kali ini banyak mendengarkan Ust Syafiq bercerita ttg rasulullah dan pengalaman2 beliau seputar keluarga bahagia dunia n akhirat.

Masyaallah doa terakhir semoga yg hadir disini bisa bertemu kembali di jannahNya dan bertemu dg rasulullah saw yg merindukan qt n qt rindukan 😭



Saat kajian muncul icon Gogmap n pas dibuka ada  info
"Moderate traffic in your area" dan Masyaallah mapnya lg di Medina... Antara takjub n GR ngebayangin lg disana jd deh lgs banyak2 doa, mumpung malaikat beredar diantara para pencari ilmu.

Sebagaimana disebutkan dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah memudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya para Malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha atas apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya orang yang berilmu benar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang berada di dalam air.” [Hadits shahih, diriwayatkan oleh Abu Dawud (no. 3641), Tirmidzi (no. 2682), Ibnu Majah (no. 223), Ahmad (V/196), Ad-Darimi (I/98), Ibnu Hibban (88 – Al-Ihsan dan 80 – Al-Mawarid), Al-Baghawi dalam Syarhus Sunnah (I/275-276, no. 129), Ibnu ‘Abdil Barr dalam Jami’ Bayanil ‘Ilmi (I/174 ,no. 173), dan Ath-Thahawi dalam Musykilul Atsar (I/429), dari Abud Darda’ radhiyallahu’anhu]
(Sumber: https://muslimah.or.id/2416-nikmatnya-menuntut-ilmu-bagian-2.html)

Krn penasaran knp gogmap error ke Medina nya berulang sampe 2x (bukan ke Mecca or nyasar ke t4 lainnya), jd deh daku mencari2 jwbannya...  dan ngepas2in dg Hadits ini, wallahua'lam semoga bener 😊

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:
“Barang siapa yang memasuki masjid kami ini (masjid Nabawi) dengan tujuan untuk mempelajari kebaikan atau mengajarkannya, dia ibarat seorang yang berjihad di jalan Allah. Dan barang siapa yang memasukinya dengan tujuan selain itu, dia ibarat orang yang sedang melihat sesuatu yang bukan miliknya.” [Hadits hasan, diriwayatkan oleh Ahmad (II/350, 526-527), Ibnu Majah (no. 227), Ibnu Hibban (no. 87-At-Ta’liqat), Ibnu Abi Syaibah (no. 3306), dan Al-Hakim (I/91
Sumber: https://muslimah.or.id/2416-nikmatnya-menuntut-ilmu-bagian-2.html

Masyaallah kajian hari ini bikin baper n rindu bgt pengen umrah. Semoga Allah mampukan kami kembali... Aamiin yaa rabbal'alamiin.

Masjid Sakinah Warrahmah, Villa Mahkota Pesona, 16042017



selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home