Saturday, March 25, 2017

Tafsir Surat Al Asr

Ust. Dzikrullah Azra

Yang mnentukan waktu itu diri qt sendiri, krn waktu sesuai dzon qt.

QS Ash-Shams:9 - sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,

QS Ash-Shams:10 - dan sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.

Mengisi kegiatan itu hanya 2-
- dg hal2 baik
- dg hal2 buruk
Baca: QS. Al-Layl : 5-10

QS Al-`Aşr:3 - kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

1. Iman:
Engkau beriman kpd: Allah,  malaikat Allah, kitab Allah, rasulullah,  akhir Zaman,  qadar Allah baik n buruk (Umar bin Khotob, HR Muslim 01)

QS Al-Baqarah:3 - (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.
--> meyakini perkara yg ghoib

QS Al-Baqarah:4 - dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

QS An-Naml:65 - Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.

Syech Utsaimin:
Termasuk iman adl apa saja yg mendekatkan qt kpd Allah.

2. Beramal sholeh
Hrs istimror=terus menerus
HR Bukhori :
Amal2 yg Allah cintai adl yg terus menerus walaupun kecil

Contoh amal sholeh: sedekah,

Ibadah / amal sholeh itu ada timbangannya

Ada 2 timbangan amal sholeh:
1. Ikhlas
QS Al-Bayyinah:5 - Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.
QS Al-'An`ām:162 - Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
--> semua ibadah hanya utk Allah = ikhlas

QS Al-'An`ām:163 - Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".
Hadits Qudsi: brg siapa beramal tetapi menyukutukan Aq maka Aku tinggalkan kamu n sekutumu (HR Bukhori)

Riya itu sifat kaum munafik
QS An-Nisā':142 - Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

Akibat riya:
🍿QS Al-Baqarah:264 - Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

🍿QS Az-Zumar:65 - Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.

2. 🍀Mutaba'ah
Dalil ttg mengikuti Rasulullah :
🍿QS An-Nisā':64 - Dan Kami tidak mengutus seseorang rasul melainkan untuk ditaati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

🍿QS An-Nisā':65 - Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim terhadap perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa dalam hati mereka sesuatu keberatan terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya.
--> Berhakim dg Rasulullah, tdk brrat meyakininya Dan menerima sepenuhnya

🍿Keluarga 'Imran ('Āli `Imrān):31 - Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

🍀Berilmu
Taqlik = mengikuti tanpa dalil

🍿QS Al-'Isrā':36 - Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

Muslim itu tdk diajarkan taqlik tp non Muslim yg biasa taqlik

QS At-Tawbah:31 - Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Saling mentaati kebenaran dan menasehati dalam kesabaran
QS 'Āli `Imrān:110 - Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

🌾Jgn bangga jd org baik pd lingkungan yg tidak baik dan tdk berbuat kesholehan utk membuat lingkungan menjadi baik 🌾

🌾Jadlah orang baik dg mengajak kebaikan dilingkungan yg belum baik 🌾

Masjid Al Ikhlas, 18022017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home