Saturday, March 25, 2017

Menyikapi Perkataan Imam Syafii dan Imam Bukhori

Ust. Dzikrullah Arza

Sebaik2 ucapan adl dari Allah swt. Sebaik2 perilaku adl perilaku Rasulullah saw

Dalil ikhlas:
🍬QS. Az-Zumar:2 - Sesunguhnya Kami menurunkan kepadamu Kitab (Al Quran) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya.
🍬QS. Al-'An`ām:6 - Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyak generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.
🍬QS. Al-Bayyinah:5 - Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.

Benar :
QS. 'Āli `Imrān:31 - Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Perintah berilmu sblm beramal:
🐾QS. Muhammad:19
Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Ilah (sesembahan, tuhan) selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat kamu berusaha dan tempat kamu tinggal.
🐾  QS Al-'Isrā':36 - Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.
🐾QS Yūsuf:108 - Katakanlah: "Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".
--> hrs punya Ilmu sblm berkata n berbuat

Suri tauladan terbaik ada pd Rasulullah saw dan Nabi Ibrahim as :
🐾 QS Al Ahzab:21 Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

🐾 QS Al-Mumtaĥanah:4 - Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: "Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja. Kecuali perkataan Ibrahim kepada bapaknya: "Sesungguhnya aku akan memohonkan ampunan bagi kamu dan aku tiada dapat menolak sesuatupun dari kamu (siksaan) Allah". (Ibrahim berkata): "Ya Tuhan kami hanya kepada Engkaulah kami bertawakkal dan hanya kepada Engkaulah kami bertaubat dan hanya kepada Engkaulah kami kembali".

🍀Imam Abu Hanifah:
- "manakala Hadits itu shoheh itulah pendpt q"
- "saya manusia spt kalian aq sampai kan hari ini besok aq tinggalkan"
- "ketika aq katakan satu perkataan yg menyelisihi Al Quran dan Hadits rasulullah, tinggalkan oleh kalian perkataanq"

🍀Imam Malik
- "tidak ada seorgpun sesdh nabi saw kecuali diambil dr ucapannya"
- "pahami kitab karangan q, tetapi apabila tdk sesuai Al Quran n sunnah tinggalkan oleh kalian"

🍀Imam syafii
- "Hadits shoheh itu pendpt q, ktika kalian menemukan dlm kitab q perselisihan dr sunnah rasulullah tinggalkan"
- "jgn kalian mengarah pd ucapan seseorg yg menyinpang dr sunnah"
- "Muslim sepakat manakala sdh jelas buat seseorg sunnah rasulullah,  tinggalkan ucapan seseorang"
- manakala kalian lebih mengetahui keshohehan Hadits itu maka beritahulah kpd q dmn pun kalian berada
- semua hadits dari rasulullah itulah yg aku ambil, sekalipun bukan dr perkataan q
- ktika kalian melihat q berkata sesuatu n sungguh benar yg dikatakan rasulullah maka pendapat q,  tdk perlu lg (Islam tdk dpt didekati dg logika)

QS Al-'An`ām:116 - Dan jika kamu menuruti kebanyakan orang-orang yang di muka bumi ini, niscaya mereka akan menyesatkanmu dari jalan Allah. Mereka tidak lain hanyalah mengikuti persangkaan belaka, dan mereka tidak lain hanyalah berdusta (terhadap Allah).

🍀Imam Ahmad Bin Hambal
- "jgn taqlik kpd seseorg, Apa yg dari rasulullah itu ambilah"
QS At-Tawbah:100 - Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

Fenomema ust KB --> Orang2 taqlik kpd yg rahib2/org alimnya:
QS At-Tawbah:31 - Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

Menyikapi keluarga yg msh taqlik: doakan bukan hakimi, Muslim itu bukan hakim tp pencari solusi
Semut (An-Naml):65 - Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.

Sunnah:
- Sesuatu yg disandarkn kpd nabi Muhammad berupa perbuatan, perkataan n diamnya rasulullah
- sesuatu yg apabila dilakukan berpahala jk ditinggalkan tdk berdosa
- Jln agama yg ditempuh rasulullah n salafusholeh stlh meninggalnya rasulullah

Masjid Al Falah, Jatiwaringin Asri, 16032017 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home