Saturday, March 25, 2017

Ikatan Hamba kpd Rab-Nya

Ust. Sulaeman Z.

Taqqarub Ilallah = pendekatan makhluk kpd rabnya

Maksiat tjd ketika qt longgar dlm keislaman

Pesan Rasulullah sebelum bermajelis kpd para sahabatnya:
1. Tidak mati dlm keadaan islam
QS 'Āli `Imrān:102 - Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.
C/ jgn sampe qt mati dlm keadaan2 sepele spt tdk pake kaos kaki

2. Berbuat baik seolah2 Allah melihat qt /qt merasakan keberadaan Allah ==> Al ihsan
QS An-Nisā':1 - Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

QS Al-Baqarah:284 - Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

3. Berkata yg ma'ruf dan santun QS Al-Furqān:63 - Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.

Aqidah bs dipengaruhi oleh lingkungan. Belajar dr rasulullah saat umrah pertama pd th ke-4 kenabian,  di Mekkah byk berhala2 yg diusap oleh org2 yg thawaf. Tetapi rasulullah hanya mengusap hajar aswat. Kemudian saat tawaf ke-2 rasul dicegat seseorg utk ikut mengusap berhala2, dg rayuan sbg bentuk toleransi. Dan rasulullah terpengaruh hendak menyentuh salah 1 berhala kemudian Allah lgs menegur dg menurunkan 3 surat Al Isra:73-75

QS Al-'Isrā':73 - Dan sesungguhnya mereka hampir memalingkan kamu dari apa yang telah Kami wahyukan kepadamu, agar kamu membuat yang lain secara bohong terhadap Kami; dan kalau sudah begitu tentu|ah mereka mengambil kamu jadi sahabat yang setia.

QS Al-'Isrā':74 - Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka,
Saba=keteguhan pendirian

QS Al-'Isrā':75 - kalau terjadi demikian, benar-benarlah Kami akan rasakan kepadamu (siksaan) berlipat ganda di dunia ini dan begitu (pula siksaan) berlipat ganda sesudah mati, dan kamu tidak akan mendapat seorang penolongpun terhadap Kami.
-->merupakan ancamam Allah jk rasulullah mengikuti kaum kafir mengusap berhala2

Menunjukkan rasulullah manusia yg bs tersesat jk Allah tdk meneguhkan pendiriannya.

QS Al-Kahf:110 - Katakanlah: Sesungguhnya aku ini manusia biasa seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya".

💦Setelah kejadian ini rasulullah selalu berdoa "yaa muqolibul qulub tsabit qolbi ala diniik". 💦

Lawan tauhid itu syirik

Syirik Ada 3:
1. Syirik qubro
QS Az-Zumar:65 - Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi

2. Syirik kecil:
- riya = memperlihatkan Amalia diri qt kpd manusia
- sum'ah

3. Syirik samar
- bangga diri, keturunan qt
- tdk memahami konsep waktu
QS At-Tawbah:36 - Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Syirik menyebabkan terhapusnya amal2 Qt.

QS Al-Mā'idah:72 - Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam", padahal Al Masih (sendiri) berkata: "Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu". Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.

Ciri org bertaqwa:
Nabi Yunus (Yūnus):62 - Ingatlah, sesungguhnya wali-wali Allah itu, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Nabi Yunus (Yūnus):63 - (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.

Hadist qudsi :
Siapa yg mengganggu waliKu maka sungguh Aku akan menyatakan perang kpd pengganggu itu
(HR Muslim)

Allah tdk menciptakan gelap tp
Allah menciptakan cahaya (sbg penerang) jika qt merasa gelap brarti qt menjauh dari sumber cahaya
Dekati Allah maka akan terhindar dari kegelapan
QS Al Baqarah: 17
Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya yang menyinari mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan hingga tidak dapat melihat.

QS 'Āli `Imrān:191 - (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Amalan terbaik rumusnya hanya 2:
- ikhlas semata2 krn Allah
- mengikuti contoh rasulullah

Maka Allah akan:

Allah Ta'ala berfirman, "Siapa yang memusuhi wali-Ku, maka Aku mengumumkan perang terhadapnya dari-Ku. Tidak ada yang paling Aku cintai dari seorang hamba kecuali beribadah kepada-Ku dengan sesuatu yang telah Aku wajibkan kepadanya. Adapun jika hamba-Ku selalu melaksanakan perbuatan sunah, niscaya Aku akan mencintanya. Jika Aku telah mencintainya, maka (Aku) menjadi pendengarannya yang dia mendengar dengannya, (Aku) menjadi penglihatan yang dia melihat dengannya, menjadi tangan yang dia memukul dengannya, menjadi kaki yang dia berjalan dengannya. Jika dia memohon kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan dan jika dia minta ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni, dan jika dia minta perlindungan kepada-Ku, niscaya akan Aku lindungi."

Al Marjan, 10032017 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home