Saturday, March 25, 2017

Hadits Arbain No. 29

Sholat Lail Menghapuskan Dosa
Ust. Ahmad Susilo

"maukah engkau Aku tunjukkan pintu2 kebaikan? Puasa sbg perisai, sedekah dpt menghapuskan kesalahan sbgmn air dpt memadamkan api, Dan sholat yg dikerjakan pd waktu malam. "

Orang yg mendpt syafaat rasulullah di hari kiamat adl org yg mengucapkan syahadat ikhlas sepenuh hatinya dibuktikan dg amal --> nasihat rasulullah kpd Muadz bin Jabal

Bulughul Maram: 344
Aku berpesan kpdmu ya Muadz jgn kamu tinggalkan dibelakang tiap2 sholat membaca: "ALLAHUMMA A’INNI ‘ALA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI ‘IBADATIK"
Ya Allah, tolonglah aku agar selalu berdzikir/mengingat-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu. (HR. Abu Daud dan Ahmad, shahih)

Allah Akan memudahkan ibadah bagi orang yg bersungguh2:
QS.Al-'Isrā':19 - Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.

Org lbh byk bersungguh2 utk urusan duniawi, sdgkan utk urusan akhirat berat melakukannya:
QS Al-'Isrā':18 - Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.

Amal yg hrs dilakukan agar qt bs bersungguh2:
1) beribadah kpd Allah n tdk menyekutukanNya,

QS. Al-'An`ām:82 - Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Risiko org yg mencampur aduk iman dg kesyirikan:
🔦QS Al-'An`ām:88 - Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.
🔦QS Az-Zumar:65 - Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu. "Jika kamu mempersekutukan (Tuhan), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi.
🔦QS An-Nisā':48 - Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.
🔦QS An-Nisā':116 - Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan dia mengampuni dosa yang selain syirik bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya ia telah tersesat sejauh-jauhnya.
🔦QS Luqman:13 - Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar".

2) Dirikanlah sholat 
Bhsnya pake "dirikanlah" bukan pake "kerjakan" agar mendirikan sesuai syariat yg dicontohkan rasulullah. 

Bulughul Maram:346
"sholatlah kamu semua sbgmn kamu melihat aq sholat"

🍃Ibadah bukti dr akhlaq, kalo ibadahnya baik akhlaqnya baik.  Kalo akhlaqnya baik berarti ibadahnya udh benar (sesuai syariat)🍃
Tdk bs dipisahkan antara habluminallah n habluminanas

Bulughul maram:1468
Kebaikan itu perangai yg baik,  dan kejahatan itu yg beredar dihatimu dan engkau tdk suka diketahui oleh manusia (HR Muslim)

QS Al-`Ankabūt:45 - Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Allah  menggunakan "utlu"=bacalah bukan "iqro" dlm ayat diatas krn iqro hanya utk org yg sekedar baca krn baru tahu, Ut'lu digunakan agar org mempelajari dulu dan dipahami baru menjalani.

3) Zakat
QS An-Nūr:37 - laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.

QS At-Tawbah:103 - Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
==> membersihkan berarti ada benda dg suatu perbuatan contoh: bayar zakat, dan dilakukan berulang2
Mensucikan tdk ada bendanya tp melalui proses amal stp saat.

4) berpuasa di bulan Ramadan 

5) Berhaji ke baitullah 

Bersambung 😊

Al Marjan, 24032017 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home