Saturday, March 25, 2017

Hadits Arbain No. 27

Jauhilah Perbuatan yg Meresahkan
Ust. Ahmad Susilo

Dari Rasulullah saw
"kebajikan adl akhlak yg baik n dosa adl sesuatu yg meragukan jiwamu n kamu tdk suka diketahui org lain"

Al-ismu=dosa2 kecil
Contoh: suudzon

QS Al-Ĥujurāt:12 - Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.
Rasulullah saw bertanya kpd Wabishah Ibnu Ma'bad "kamu dtg utk menanyakan kebajikan n dosa? "
Beliau bersabda "mintalah fatwa kpd hatimu. Kebajikan adl sesuatu yg membuat jiwa n hati mu tenang, Sdgkn dosa Adl sesuatu yg membuat jiwamu ragu n hatimu tdk Renang meskipun org2 memberi fatwa kpdmu n mendukung perbuatanmu"

Jiwa= bersatunya ruh dg tubuh
Selama bersatu disbt jiwa/nafs
Ruh tdk pernah Mati, jiwa mati jk sdh tdk ada ruh
Qalbu=hati nurani

QS. 91: 1-9 sumpah Allah utk penekanan di ayat 10 ttg risikonya.

Utk ttp berbuat baik butuh kesabaran:
QS 76:24
"Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antar mereka."

==> mengikuti org2 yg berbuat dosa aja gak bole aplg mengikuti org kafir krn keburukan

Liat Bulughul Maram: 1468, 1516,
Contoh: suami minta maaf qt maafkan tp lain dimulut lain dihati, brarti qt sdh dzon kpd Allah krn berprasangka Allah tdk melihat

Mknya qt hrs sabar dlm berbuat baik krn:
QS. An-Naĥl:95 - Dan janganlah kamu tukar perjanjianmu dengan Allah dengan harga yang sedikit (murah), sesungguhnya apa yang ada di sisi Allah, itulah yang lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Perjanjian dg Allah=syahadat

Bulughul maram:1507
--> jauhi dengki/hasad utk urusan dunia

Krn dzon dosa2 kecil akhirnya mjd dosa besar ==> menghapus kebaikan2 ==> menjd org yg bangkrut

QS An-Naĥl:96 - Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

QS Al-Ĥadīd:20 - Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

Allah pakai kata "ketahuilah" ini merupakn perumpaan/tamsil spy manusia berpikir
Kalo pakai kata "lihatlah" lgs menggunakan mata.
Dunia diibaratkan hujan kalo sedikit bermanfaat kalo byk mengakibatkan banjir. Jgn getol cari hujan(baca: dunia) krn ini tipuan setan.

Bulughul maram : 1555
"telah bersabda Rasulullah saw, " sesungguhnya Allah tlh wajibkan kpd q,  hendaklah kamu merendah diri spy org tdk melewati batas  thdp  seseorg, n tdk seseorg bersombong thdp seseorg. "

QS Al-Baqarah:212 - Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezeki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas.

Skrg org kafir menghina qt didunia, tp qt tidak bole terpancing krn diakhirat  Allah akan  membalik semuanya

QS Al-Ĥijr:88 - Janganlah sekali-kali kamu menunjukkan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu), dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman.

🌸keep zuhud n tawadhu🌸

Jgn memandang dunia indah krn dunia indah itu semu.
Boleh melihat sesuatu indah tp jgn memandang indah >> inget indahnya dunia gak ada apa2nya dibanding surga >>ilustrasi jgn menukar yg lbh besar dg sesuatu yg kecil ==> menjual perjanjian  Allah dg sesuatu yg murah.

Al Marjan, 25032017

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home