Saturday, March 25, 2017

Hadits Arbain No. 24

Larangan Berbuat Dzalim
Ust. Ahmad Susilo

QS Manusia (Al-'Insān):1 - Bukankah telah datang atas manusia satu waktu d
ari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?

QS Manusia (Al-'Insān):2 - Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.

QS Manusia (Al-'Insān):3 - Sesungguhnya Kami telah menunjukinya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kafir.

Penghuni-penghuni gua (Al-Kahf):54 - Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah.

Lebah (An-Naĥl):4 - Dia telah menciptakan manusia dari mani, tiba-tiba ia menjadi pembantah yang nyata.

Cara minta makan kpd Allah:
- ikhtiar
- berdoa
- sesuai syariat Allah (halalan thoyiban)
- tawakal (jgn mengikuti hawa nafsu)

QS Sapi Betina (Al-Baqarah):168 - Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.

Sapi Betina (Al-Baqarah):173 - Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Pakaian utk menutup aurat n utk perhiasan/keindahan:

QS Tempat yang tertinggi (Al-'A`rāf):26 - Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.
==> pakaian takwa yg lbh baik

Sesuatu yg melekat dlm diri itu pakaian Qt, kalo pakaian qt takwa, mk yg melekat pd qt adl taat kpd Allah

Habits qudsi 54/55: ttg menyedikitkan makan

Al Marjan,  25032017


selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home