Saturday, March 25, 2017

Hadits Arbain No. 24 (lanjutan)

Ust. Ahmad susilo

Seseorang berbuat dosa krn slalu mengikuti Hawa nafsu setan.
QS An-Nūr:21 - Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Rahmat Allah --> ampunan Allah
Jk sdh mdpt Rahmat akan mdpt ridhoNya

Bulughul Maram:1505
"telah bersabda Rasulullah saw, tiap2 anak Adam itu byk berbuat kesalahan, tetapi sebaik2 org yg berbuat byk kesalahan itu, ialah org yg byk bertaubat". (HR Tirmidzi n Ibnu Majah)

Binatang Ternak (Al-'An`ām):54 - Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami itu datang kepadamu, maka katakanlah: "Salaamun alaikum. Tuhanmu telah menetapkan atas diri-Nya kasih sayang, (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan, kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
==> sifat rahmat Allah salah satunya Maha pengampun

Rombongan-rombongan (Az-Zumar):53 - Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Wanita (An-Nisā'):17 - Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan, yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Nabi Hud:3 - dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.

Allah tdk pernah bergantung kpd makhluknya jd Allah tdk tergantung dg amalan hambaNya. Amalan hamba itu manfaatnya utk dirinya sendiri.
Manusia yg  bergantung kpd Allah

Memperjalankan di waktu malam (Al-'Isrā'):37 - Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.
==> org sombong akan binasa

Muĥammad:38 - Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini.
==> siapa yg pelit pelitnya utk dirinya sendiri

Nabi Ibrahim ('Ibrāhīm):19 - Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan langit dan bumi dengan hak? Jika Dia menghendaki, niscaya Dia membinasakan kamu dan mengganti(mu) dengan makhluk yang baru,
==> Allah menciptakan manusia spy taat.

Nabi Ibrahim ('Ibrāhīm):20 - dan yang demikian itu sekali-kali tidak sukar bagi Allah.

Allah mengabulkan doa2 Rasulullah :
1. Allah mengabulkan doa tdk akan ada kebinasaan Muslim kecuali pd hari kiamat
2. Tdk Ada kelaparan
3. Kaum  Muslim tidak akan dikalahkan oleh org kafir
4. Jgn ada perselisihan diantara umat Islam sendiri
 ==> No. 1-3 dikabulkan Allah,  no. 4 tdk dikabulkan

Jika ada kemudharatan jgn mencela ketetapan Allah n mencela manusia, tetapi intropeksi diri sendiri.

4 sarana menggugurkan dosa:
1. Istighfar, taubat kpd Allah
2. Perbanyak berbuat baik
3. Sholat
4. Musibah = menggugurkan dosa, mengangkat derajat

Nabi Hud:114 - Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

Allah tdk pernah berbuat dzolim, ttp manusia berbuat dzolim kpd dirinya sendiri.

Al Marjan, 09/12/2017 selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home