Saturday, March 25, 2017

Hadits Arbain No. 18

Ust.  Ahmad Susilo

🍭Setelah melakukan kesalahan disusul dgn kebaikan🍭

Bertaqwalah kamu kpd Allah dimnpun kamu berada, dan tutuplah kesalahan2 kecil dgn kebaikan2 yg banyak.

Contoh:
Berakhlaq baik dgn sesama manusia

Qs. 11:114
"Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat."

Penyebab yg byk masuk surga --> tunduk kpd Allah (habluminallah) dan yg berakhlaq baik (hablumminanas) --> bulughul maram:1561

Taqwa itu hrsnya dimanapun,  kapanpun waktunya

Nabi Yunus (Yūnus):18 - Dan mereka menyembah selain daripada Allah apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: "Mereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah". Katakanlah: "Apakah kamu mengabarkan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?" Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dan apa yang mereka mempersekutukan (itu).

Nabi Yunus (Yūnus):12 - Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdoa kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdoa kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.

Qs. 39:49
 - Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya nikmat dari Kami ia berkata: "Sesungguhnya aku diberi nikmat itu hanyalah karena kepintaranku". Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui.

☀️Jgn bercanda yg tdk diridhoi Allah

Qs.  58:7
Wanita yang mengajukan gugatan (Al-Mujādila):7 - Tidakkah kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi? Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dialah keempatnya. Dan tiada (pembicaraan antara) lima orang, melainkan Dialah keenamnya. Dan tiada (pula) pembicaraan antara jumlah yang kurang dari itu atau lebih banyak, melainkan Dia berada bersama mereka di manapun mereka berada. Kemudian Dia akan memberitahukan kepada mereka pada hari kiamat apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.

☀️"jgn pernah merasa aman krn Allah mengetahui sgl sesuatu"

QS. 54: 52-53
- Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan
- Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.

Qs.  Al-Kahfi:49 - Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".

☀️"ikuti perbuatan buruk dgn perbuatan baik, InsyaaAllah menghapus dosa2"

Jika tdk sempet dzikir yg 33x stlh sholat, sempatkan baca 10x subhanallah, alhamdulillah,Allahuakbar

Bulughul maram:342 --> stlh sholat
-istiqfar 3x
- allahuma antassalam...
- subhallah
- alhamdulillah 33x
- Allahuakbar 33x
Akan digugurkan dosa2nya

Bulughul maram: 1562
Shadaqah tak hrs dg harta tp dg manis muka n perangai yg baik

Salah satu cara intropeksi:  koreksi diri sendiri

QS. 59:18
- Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

"Sebaik2 kamu adl yg plg baik akhlaqnya" HR
Terbiasa menurut manusia tp tak diridhoi Allah tinggalkan

☀️Stp perbuatan baik jika dicontohkan rasul pasti baik,tp stp perbuatan baik tak dicontohkan rasul tertolak.

Bulughul maram:1468
Kebaikan itu perangai yg baik tp Kejahatan itu sesuatu yg ada dihatimu n kamu tdk menyukai yg ada dihatimu tp kamu tdk suka diketahui orang.

☀️Jika mau dianggap baik ikuti rasul!

"sesungguhnya org mukmin yg plg baik imannya adl yg plg baik akhlaknya"

"sesungguhnya Allah tlh memilih agama islam sbg agama yg baik, mk

QS. 41:34-35
 - Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia.
- Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.

Qs. 7:199-200
- Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.
- Dan jika kamu ditimpa sesuatu godaan syaitan maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui

QS. 3:159
- Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

QS 42:39-40
- Dan ( bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan zalim mereka membela diri.
- Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim.

Bulughul maram: 1559
Rasul berpesan kpd sahabat Abdullah bin Salam, "mulaila memberi salam, sambung silaturahim org yg memutusnya,  beri makan org yg tdk pernah memberi, jgn tinggalkan sholat malam.

Bulughul maram:438
"Aturlah saf2 kamu dan rapatkanlah tengkok2/bahu kamu"

Bulughul maram:66
"jk istri tdk bekerja, istri boleh berinfaq tanpa ijin suami, jk hak2 Dirmh terpenuhi, pahala bagi istri n suami

☀️Malu itu muncul ketika Qt meningkatkan iman Qt n Qt semakin malu kpd Allah ketika melanggar aturan Allah

Al Marjan, 12082016

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home