Monday, March 30, 2015

Menjenguk Orang Sakit

Tulisan ini terinspirasi dari Olga Syahputra... semoga Allah merahmatinya.

Menurutku sakit itu karunia buat si sakit n yg menjenguknya. Baca detailnya disini.

http://www.alquran-sunnah.com/artikel/kategori/akhlak/819-adab-menjenguk-orang-sakit

Ini ringkasan hadits2nya kenapa kita harus menjenguk orang sakit (dan jg tdk boleh menghalangi orang utk besuk si sakit).

"Tiada seorang muslim pun yang membesuk saudaranya yang sakit, melainkan Allah mengutus baginya 70.000 malaikat agar mendoakannya kapan pun di siang hari hingga sore harinya, dan kapan pun di sore hari hingga pagi harinya". (musnad ahmad 2/110, syaikh ahmad syakir mengatakan bahwa sanadnya shahih).

 "Siapa yang membesuk orang sakit di pagi hari akan diiring oleh 70.000 malaikat, semuanya memohonkan ampun untuknya hingga sore hari, dan ia mendapat taman di jannah. Jika ia membesuknya di sore hari, ia akan diiring oleh 70 ribu malaikat yang semuanya memintakan ampun untuknya hingga pagi, dan ia mendapat taman di jannah." (musnad ahmad 2/206, hadits 975. Syaikh ahmad syakir menilai hadits ini shahih)

Bahkan Allah berfirman tentang menjenguk org sakit.

 Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya pada hari kiamat Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

‘Hai Anak Adam, Aku Sakit, tetapi kamu tidak menjenguk-Ku.’

Dia berkata. ‘Wahai Rabb-ku, bagaimana saya menjenguk-Mu, padahal Engkau adalah Rabb semesta alam?!’

Dia berfirman, ‘Tidak tahukah kamu bahwa hamba-Ku, fulan, sakit, tetapi kamu tidak menjenguknya. Tidak tahukah kamu jika kamu menjenguknya, kamu akan mendapati Aku berada di sisi-Nya.’
(diriwayatkan oleh Muslim, no. 2569)

Rasulullah saw bahkan menjenguk salah seorang sahabat ketika sakit mata, tanpa takut tertular dan tanpa membedakan sakit parah or ringan.

 Al Hafizh Ibnu Hajar berkata, ‘mengenai menjenguk orang yang sakit mata, bahkan sudah ada hadits khusus yang membicarakannya, yaitu hadits Zaid bin Arqam, dia menceritakan, ‘Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjenguk saya karena saya sakit mata.’ (lihat adabul mufrad, no.532)

Hati2 untuk tidak tertular memang penting tapi jgn sampai sikap hati2 ini malah menghilangkan berkah dari menjenguk orang sakit. Pernah terpikir gak dari sekian byk org yg besuk org sakit hanya beberapa persen saja yg tertular penyakit. Bukankah ini judule berkah jg...

MANFAAT MENJENGUK ORANG SAKIT

Selain mendapat keutamaan sebagaimana hadits-hadits yang disebutkan diatas, menjenguk orang sakit memiliki beberapa manfaat, diantaranya:


  • Menjenguk orang sakit berpotensi memberi perasaan dan kesan kepadanya bahwa ia diperhatikan orang-orang disekitarnya, dicintai, dan diharapkan segera sembuh dari sakitnya. Hal ini dapat menentramkan hati si sakit.
  • Menjenguk orang sakit dapat menumbuhkan semangat, motivasi, dan sugesti dari pasien; hal ini dapat menjadi kekuatan khusus dari dalam jiwanya untuk melawan sakit yang dialaminya.
  • Dalam dirinya ada energi hebat untuk sembuh.
  • mencari tahu apa yang diperlukan si sakit.
  • mengambil pelajaran dari penderitaan yang dialami si sakit.
  • mendoakan si sakit melakukan ruqyah (membaca ayat-ayat tertentu dari Al Quran) yang syar’i.

MasyaAllah saat sakit dan menjenguk orang sakit semua mendapat berkah. Makanya gak perlu takut tertular atau mengganggu si sakit... wong di RS itu ada waktu2 besuk yg tidak akan menganggu waktu istirahat si sakit dan yg besuk jg pintar2lah membaca situasi yg sakit spy tidak mengganggu saat sdg besuk. Kalopun tdk bisa bertemu lgs dgn si sakit toh dgn dtg berkunjung qt jg bs support keluarga yg merawat si sakit.

Alhamdulillah semua sdh dicontohkan oleh Rasulullah saw... jadi sebaiknya jgn sekali2 melarang siapa saja yg berniat untuk menjenguk qt ketika sedang sakit. Bukankah Rasulullah adalah teladan terbaik?

Makanya kalo aq sakit walo aq bukan artis jenguk ya... lho ngarep dot com :D niatkan smua krn Allah jd qt bisa berbagi berkah okeyyy ;) dan aq pun tdk ingin sakit dlm kesendirian.... sakit pun bisa jd ajang berbagi bagi yg sehat. Tapi juga gak perlu lebay ketika sakit dengan up date status "jenguk donkkk" :D :D :D krn sakit itu nikmat yg memang patut disyukuri utk mengambil ibroh.

selengkapnya...

0 Comments:

Post a Comment

<< Home